Selasa, 21 Juni 2016

MAKALAH TELA'AH INDIVIDU (USWATUN HASANAH)

MAKALAH
TELAAH MATERI AQIDAH AKHLAQ KELAS XII MA
Di Susun Untuk Memenuhi Tugas Telaah Materi PAI III
Dosen Pengampu :
Drs. Abdul Rozaq Assowy,











Disusun oleh :

1.      USWATUN KHASANAH    (141310003121)


UNIVERSITAS ISLAM NAHDLOTUL ULAMA’
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JL. TAMAN SISWA (PEKENG) TAHUNAN JEPARA 59427
TAHUN AJARAN 2016


KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum. Wr. Wb
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan inayah-Nya sehingga makalah ini dapat terwujud dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW semoga kita semua termasuk umatnya yang kelak mendapatkan syafa’atnya dihari qiamat.
Kami sebagai penyusun mengalami berbagai rintangan dalam mengerjakan makalah ini, baik faktor itu datang dari diri kami sendiri maupun faktor yang datang dari luar. Banyak hambatan yang juga mengiringi dalam pembuatan makalah ini. Maka dari itu, tanpa usaha yang maksimal, kesabaran serta pertolongan dari Allah SWT, mungkin makalah ini tidak akan terselesaikan.
Meskipun kami sebagai penyusun berharap isi dari makalah ini bebas dari kesalahan dan kekurangan. Namun, tentunya kami  menyadari bahwa  kami hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangan dan kesempurnaan itu hanya milik Allah semata. Oleh karena itu, kami sebagai penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya makalah ini diwaktu mendatang.
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb

Jepara,1 Mei 2016

Penulis









BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sebagai ajaran agama yang sempurna, islam harus dilaksanakan dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga akan tercapai kehidupan damai dan tentram. Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan layanan pndidikan islam dimadrasah, ajaran islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikelompokkan menjadi beberapa mata pelajaran secara linier dan dipelajari sesuai dengan jenjangnya.
Pada jenjang madrasah aliyah (MA) aqidah perlu ditekankan agar terwujudnya siswa yang berakhlakul karimah, berbudi luhur, beriman dan mewujudkan henerasi muda yang berkompeten dalam keagamaan.
Sebagai komitmen untuk menyiapkan generasi muda yang sholih dan sholihah, perlu adanya mata pelajaran yang mampu membentuk karakter dan kepribadian yang sesuai dengan ajaran islam yaitu aqidah akhlaq.
Dewasa ini banyak sekali anak muda yang tidak menjalankan kewajibannya sebagai umat tetapi selalu bertindak ceroboh dan selalu berbuat maksiat seakan sudah menjadi budaya. Ini dikarenakan adanya pergaulan bebas dan lunturnya moral dan aqidah dalam diri manusia.












BAB II
PEMBAHASAN


1.      DESKRIPSI KURIKULUM (Semester Genap)
MATERI I
MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI
  1. Kompetensi Dasar
1.      Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
2.      Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.      Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak islam dalam fenomena kehidupan
4.      Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
  1. Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
2.      Peserta didik dapat menunjukan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.      Peserta didik mampu menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak islam dalam fenomena kehidupan
4.      Peserta didik mampu Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.






  1. Materi pokok pembelajaran
1.      Perilaku terpuji dalam pergaulan remaja
a.       Persaudaraan (ukhuwah)
Setiap muslim dengan muslim lainnya adalah saudara dengan segala hak dan kewajiban yang melekat pada masing-masing pribadi.
b.      Menghormati dan menghargai (tasamuh)
Tasamuh (tasamuh) adalah rasa tenggang rasa atau sikap menghargai dan menghormati terhadap sesama.
2.      Nilai positif perilaku terpuji dalam pergaulan remaja
a.       Menumbuhkan sikap arif dan bijaksana
b.      Menumbuhkan sikap disiplin diri
c.       Menumbuhkan sikap mandiri
d.      Menumbuhkan sikap tanggung jawab.
3.      Perilaku tercela dalam pergaulan remaja
Kenakalan remaja (juvenile delinquency) adalah gejala sakit (patologis) secara sosial pada anak-anak dan remaja.
4.      Perilaku tercela dalam pergaulan ramaja
a.       Pergaulan bebas
b.      Tawuran antar pelajar
c.       Mengkonsumsi minuman keras
d.      Penyalahgunaan narkoba dan lain-lain.
5.      Nilai-nilai negatif perilaku tercela dalam pergaulan remaja
a.       Bertentangan dengan ajaran islam
b.      Hilangnya budaya malu
c.       Menimbulkan masalah kesehatan, dll.
  1. Metode pembelajaran.
Metode yang digunakan adalh metode ceramah, tanya jawab dan diskusi
  1. Strategi Pembelajaran
a.       Kegiatan Awal
1.      Memberi salam dan berdo’a bersama sebelum pelajaran di mulai.
2.      Siswa menyiapkan diri seperti buku pelajaran dan memposisikan diri untuk siap melakukan KBM.
3.      Guru menyampaikan bahan pelajaran
4.      Tanya jawab
b.      Kegiatan Inti
1.      Tahab eksplorasi, Tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan
2.      Tahab elaborasi, Membentuk sebuah kelompok untuk berdiskusi mengenai bahan pelajaran yang sudah dijelaskan tadi
3.      Tahap konfirmasi, Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi dan menelaah kembali.
c.       Kegiatan akhir (penutup)
1.      Guru meminta agar siswa maju kedepan dan membacakan secara bergiliran tentang hasil diskusi mereka dengan kelompoknya.
2.      Guru menyimpulkan dan melengkapi dari apa yang telah di sampaikan para siswa.
3.      Guru menutup dan mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah.
4.      Guru memberi sebuah motivasi sedikit
5.      Guru mengucapkan salam sebelum keluar dari kelas.
  1. Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit. Satu setengah jam, 20 menit untuk pendahuluan , 50 menit untuk kegiatan inti, dan 10 menit untuk penutup.
  1. Refrensi
Refrensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket, internet, Al-Quran serta buku yang terkait dengan pelajaran.
  1. Media Pembelajaran
Media  yang digunakan adalah buku panduan pembelajaran (bagi guru) lcd proyektor dan papan tulis dan media yang lain yang berkaitan dengan pelajaran.
  1. Evaluasi Hasil Pembelajaran
Evaluasi hasil pembelajaran melalui penilaian kinerja (sikap dan praktek serta blok tes) atau ulangan harian.

























BAB III
ANALISIS KOMPREHENSIP
  1. Analisis Spesifikasi (Deskriptif)
Dalam materi aqidah akhlak kelas XII MA/SMA sederajat yang telah tersusan dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar berupaya untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengetahui sudah sampaimanakah pemahaman siswa terhadap pelajaran yang telah di sampaikan serta bagaimana seorang guru mengemas materi/bahan ajar dan bagaimana cara-cara yang harus dilakukan dari sorang guru untuk memahamkan peserta didiknya sehingga dapat mudah dipahami dan diingat oleh peserta didik, ketika seorang guru menyampaikan materi itu dapat membuat kesan terhadap materi yang disampaikan sehingga siswa dapat memberikan respon dan kemudian guru dapat mengetahui tingkat kepahaman siswa melalui respon yang diberikan oleh peserta didik tersebut.
1.      Materi II, Membiasakan Akhlak terpuji
Dalam hal ini, yang perlu ditekankan adalah bagaimana seorang guru memberikan sebuah keteladanan seperti memberikan keadilan kepada setiap peserta didik tanpa adanya perbedaan terhadap siswanya karena ini berkaitan dengan proses sosialisasi maka peserta didik dituntut untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu berpartisipasi dan ikut serta dalam pengambilan kedudukan dan memposisikan dirinya dalam masyarakat sesuai dengan perannya dan mampu bersosialisasi sesuai dengan ajaran islam. Dan selalu mengukuhkan persatuan dan kerukunan terhadap sesama manusia sehingga terciptanya kehidupan yang aman, tentram dan harmonis.
A.    Semester Genap
2.      Materi I, Membiasakan perilaku terpuji
Guru berupaya untuk menerapkan beberapa metode pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Ini juga tidak terlepas dari materi yang ke II tadi bahwasannya peserta didik dituntut untuk menerapkan perilaku terpuji dan siswa diharapkan mampu membina hubungan baik antar sesama  dan guru dapat memberikan keteladanan yang baik dan mengarahkan peserta didiknya agar selalu membiasakan diri untuk berperilaku terpuji.
3.      Materi II, Menghindari perilaku tercela
Pada materi ini guru harus mampu menjelaskan perilaku tercela dan akibatnya terhadap diri sendiri maupun orang lain sehingga siswa tidak akan melakukan hal-hal yang menyimpang dari ajaran agama dan guru juga harus memberikan nasihat moril (siraman rahani)  yang dapat menumbuhkan rasa keimanan dan ketaqwaan sehingga hal-hal seperti itu tidak akan dilakukan oleh peserta didik karena dalam masa-masa muda itu sering kali terjadi karena adanya rasa ingin tahu dan mencoba hal-hal yang sedemikian itu.


  1. Analisis Relefansi
Materi aqidah akhlak kelas XII ini, sudah sesuai dengan peserta didik karena didalam materi ini mengajarkan kepada akhlak atau perbuatan-perbuatan yang sholih dan menekankan peserta didiknya untuk mengamalkan materi yang sudah disampaikan dalam kehidupan sehari-hari,
Karena dalam lembaga pendidikan diharapkan menciptakan pengeluaran/ output yang berkompeten dan berakhlaq yang nantinya dapat menjadi bekal hidup dalam masyarakat.


  1. Analisis Efisiensi dan Efektifitas

Materi yang sudah diajarkan memang sudah efektif dan efisien karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan  dalam hal ini, materi tidak terlalu rumit dan tidak bertele-tele sehingga setiap menyampaikan materi mampu diterima dan dipahami oleh peserta didik sehingga tidak perlu melakukan pengulangan yang banyak menyita waktu.
Guru juga ikut berperan penting dalam pembelajaran ini, yang mana guru harus membuat suatu metode atau strategi sehingga dalam dalam KBM menjadi Efektif dan effisien.
  1. Analisis inovatif dan Pengembangan
Siswa mampu mengembangkan nateri yang sudah disampaikan dengan baik dan mengetahui cara-cara berperilaku terpuji, hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, ini tergantung pada kemampuan peserta didik untuk mengembangkannya dan guru berperan sebagai pembimbing dan mengarahkan peserta didiknya.















BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
MA/SMA adalah jenjang pendidikan menengah pada jalur formal di Indonesia dibawah wewenang kementrian pendidikan Nasional. Dalam materi aqidah akhlak kelas XII MA/SMA sederajat yang telah tersusun dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar berupaya untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengetahui sudah sampaimanakah pemahaman siswa terhadap pelajaran yang telah di sampaikan serta bagaimana seorang guru mengemas materi/bahan ajar dan bagaimana cara-cara yang harus dilakukan dari sorang guru untuk memahamkan peserta didiknya sehingga dapat mudah dipahami dan diingat oleh peserta didik, ketika seorang guru menyampaikan materi itu dapat membuat kesan terhadap materi yang disampaikan sehingga siswa dapat memberikan respon dan kemudian guru dapat mengetahui tingkat kepahaman siswa melalui respon yang diberikan oleh peserta didik tersebut.




DAFTAR PUSTAKA

Mahjuddin, 2009, Akhlaq Tasawuf 1, Jakarta : Kalam Mulia
Kurikulum 2013, Buku Siswa Akidah Ahklaq, pendekatan saintifik kurikulum 2013.
Masyhur, Kahar. Membina Moral dan Akhlaq. Jakarta: PT Rineka Cipta.

www.http //Google.com

Tidak ada komentar: