Rabu, 29 Juni 2016

MAKALAH TELAAH INDIVIDU (NURUL NIKMATUN)

MAKALAH
AL-QUR’AN HADIS SEMESTER I BAB III TUJUAN DAN FUNGSI AL-QUR’AN
Makalah Ini Ditulis dan Ditujukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah (SMA/SMK/MA) Semester IV Oleh Dosen Pengampu Drs. Abd. Rozaq Assowy

                             Description: Description: I:\OSPEK\images (1).jpg          




Disusun Oleh :
Nurul Nikmatun (141310003099)

 

UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA’ (UNISNU)
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
KELAS A2 SEMESTER IV 2016
Jln.Taman Siswa No 9 Pekeng Tahunan Jepara
Kode Pos 59427,Telp./Fax (0291)593132
KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa atas segala limpahan  rahmat, inayah, taufik dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat di gunakan sebagai salah satu acuan,petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan.
Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan  dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangannya karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.



Jepara, 13 Juni 2016
                                                                                                                                   
Penyusun










DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR..............................................................................................
DAFTAR ISI.............................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................
a.Latar Belakang............................................................................................
b.Rumusan Masalah.......................................................................................
c.Tujuan Penulisan.........................................................................................
BAB II PEMBAHASAN.....................................................................................................
a.Semester I BAB III Fungsi dan Tujuan Al-Qur’an....................................
BAB III ANALISIS ................................................................................................
a.Analisis .......................................................................................................
b.Analisi SWOT
REFERENSI BUKU.................................................................................................











BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dalam membentuk lulusan yang memiliki keunggulan maka diperlukan kurikulum yang dikembangkan dengan pendekatan berbasis kompetensi.Hal tersebut dilakukan untuk dapat merespon secara proaktif dari berbagai perkembangan informasi, pengetahuan dan teknologi bagi suatu madrasah secara kelembagaannya.
Pendekatan berbasis kompetensi yang dikembangkan harus menjamin keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.penguasaan ketrampilan dan kemapuan akademik, seni, dan pengembangan kepribadian. Maka dari itu, disusunlah kurikulum Nasional Pendidikan Agama Islam yang berbasis kompetensi dasar yang dapat mencerminkan  kebutuhan bagi peserta didik.
Peranan pendidikan agama Islam di madrasah aliyah dijadikan sebagai landasan pengembangan spiritual bagi peserta. Karena peranan agama islam di madrasah dijadikan pengembangan spiritual maka pendidikan agama islam di madrasah harus ditingkatkan untuk menjadikan masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT. yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pendidikan Al-Quran Hadist adalah bagian dari mata pelajaran pendidikan agama Islam pada madrasah aliyah yang dimaksudkan untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan, dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam isi alquran dan hadist sehingga dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai manifestasi iman dan taqwa kepada Allah SWT. serta berahlak mulia.





B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an ?
C.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk Mengetahui Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an.

















BAB II
PEMBAHASAN

TUJUAN DAN FUNGSI AL-QUR’AN
A.    Kompetensi Dasar
1.      Memfungsikan al-Qur’an secara tepat dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menunjukkan prilaku yang mengamalkan ajaran al-Qur’an.
3.      Memahami tujuan dan fungsi al-Qur’an.
4.      Menceritakan kisah orang yang menjadikan al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dan fungsi al-Qur’an dengan benar.
2.      Peserta didik dapat menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan al-Qur’an dengan benar.
3.      Peserta didik dapat menerapkan fungsi al-Qur’an dengan benar.
C.    Materi Pembelajaran
1.      Kedudukan al-Qur’an
Al-Qur’an merupakan sumber pokok bagi ajaran Islam. Al-Qur’an juga merupakan sumber hukum yang utama dan pertama dalam Islam. Sebagai sumber pokok ajaran Islam, al-Qur’an berisi ajaran-ajaran yang lengkap dan sempurna yang meliputi seluruh aspek yang dibutuhkan dalam kehidupan umat manusia, terutama umat Islam.
2.      Tujuan dan Fungsi al-Qur’an
a.          Al-Qur’an sebagai Petunjuk bagi Manusia
b.         al-Qur’an sebagai Sumber Pokok Ajaran Islam
c.          Al-Qur’an sebagai Peringatan dan Pelajaran bagi Manusia
D.    Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
·         Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan,dan keinginannya.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini.
·         Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang tujuan dan fungsi Al-Qur’an.
2.      Kegiatan Inti
3.      Penutup
·         Guru menyimpulkan kembali poin-poin pelajaran yang dibahas.
·         Memberikan tugas latihan soal agar siswa lebih menguasai.
·         Memberi salam penutup.
E.     Waktu Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit Satu setengah jam, 15 menit untuk pedahuluan, 50 menit untuk kegiatan inti, dan 15 menit untuk penutup.
F.     Sumber dan Refrensi Pembelajaran
Refrensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan.
G.    Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode diskusi dan penugasan.
H.    Media Pembelajaran
Media yang digunakan untuk menunjang pembelajaran adalah papan tulis.
I.       Evaluasi Hasil Belajar
Evalusi hasil belajar melalui tes tertulis dan tes verbal.

BAB III
ANALISIS KOMPREHENSIF
A.       Analisis Diskriptif (Spesifikasi)
Materi Al-Qur’an merupakan materi yang digunakan di sekolah tingkat SMA / MA / SMK, yang sangat penting, ruang lingkup dari materi ini selain dari segi kognitif, afektif, juga mencakup psikomotorik. Selain mengembangkan kemampuan pengetahuan pengetahuan materi Al-Qur’an Hadis ini juga mengembangkan kemampuan kepribadian sebagai muslim yang menjalankan tugas sebagai fitrahnya.
Dalam materi Al-Quran Hadist yang terdapat kompetensi inti dan kompetensi dasar berupaya untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari dan mengetahui sudah sampai manakah pemahan peserta didik.
Pada materi ini menunjukkan bahwa  kegiatan yang termuat dalam komponen silabus dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Pengembangan indikator, materi pembelajarn, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar telah mengacu pada pencapaian kompetensi dasar dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan sumber daya yang ada dan berpedoman pada standar isi yang ditetapkan oleh PEMENAG No 2 tahun 2008 dan hal itu menjadikan materi ini sesuai bila digunakan dalam pembelajaran Al-Quran Hadist Madarasah Aliyah kelas X.
B.        Analisis Relefansi
Menurut Piaget, seorang remaja termotivasi untuk memahami dunia karena perilaku adaptasi secara biologis mereka. Dalam pandangan Piaget, remaja secara aktif membangun dunia kognitif mereka, di mana informasi yang didapatkan tidak langsung diterima begitu saja ke dalam skema kognitif mereka. Remaja telah mampu membedakan antara hal-hal atau ide-ide yang lebih penting disbanding ide lainnya, lalu remaja juga menghubungkan ide-ide ini.
Piaget mengemukakan bahwa pada masa remaja terjadi kematangan kognitif, yaitu interaksi dari struktur otak yang telah sempurna dan lingkungan sosial yang semakin luas untuk eksperimentasi memungkinkan remaja untuk berpikir abstrak. Piaget menyebut tahap perkembangan kognitif ini sebagai tahap operasi formal.
Berdasarkan teori tersebut secara intelektual anak SMA/ MA / SMK, sudah dapat berfikir secara logis, dan sudah mampu membedakan antara yang kongkrit dan abstrak, dari pemaparan tersebut bahwasanya materi Al-qur’an Hadis ini sangat sesuai dengan kondisi anak SMA/ MA / SMK, dimana dalam buku tersebut terdapat materi, Al-Qur’an kitabku, Betapa Outentiknya Al-Qur’an, Hadis, Sunnah, Atsar, Khabar, dan Hadis Qudsi, Unsur-Unsur Hadis, Pokok-Pokok Isi Al-Qur’an dan pembagian Hadis dari segi Kwantitas dan Kwalitasnya.
Selain itu anak SMA/ MA / SMK, sudah memikirkan masa depan, perencanaan dan wawasannya yang sudah mulai meluas, dan kelak akan digunakan untuk bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat luas, sehungga diperlukan materi-materi dalam Al-Qur’an Hadis seperti Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an, Manusia sebagai Hamba Allah dan Khaliffah di Bumi, Fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an, dan Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah yang terdapat dalam buku pembelajaran Ma’arif untuk Madrasah Aliyah, Al-Qur’an Hadis kelas 10 dan buku pembelajaran Bahan Ajar Siswa Prasasti Qur’an Hadis untuk SMA/ MA / SMK kelas 10.
C.       Analisis Efesien dan Efektifitas
Buku pembelajaran Ma’arif untuk Madrasah Aliyah, Al-Qur’an Hadis kelas 10 semester 2, tidak terdapat kompetensi inti dan kompetensi dasar, sehingga sulit menentukan tujuan pembelajaran, dalam buku ini juga terdapat materi yang tidak sesuai dengan kurikulum 2013, yaitu Fungsi Hadis dalam Al-Qur’an  dan buku ini tidak bertele-tele, serta langsung pada inti pembahasan.

D.       Analisis Inovatif dan Pengembangan
Buku pembelajaran Bahan Ajar Siswa Prasasti Qur’an Hadis untuk SMA/ MA / SMK kelas 10 semester 1, sudah sesuai dan tidak terlalu bertele-tele dan langsung pada pembahasan. Peserta didik bisa mengembangkan apa yang telah diajarkan oleh guru, sedangkan guru berperan aktif tidak hanya membimbing tetapi juga mengarahkan peserta didiknya.
ANALISIS SWOT

A.    Strenght ( Kekuatan atau Kelebihan)
Mata pelajaran Al-qur’an Hadis kelas X MA/SMA/MAK memiliki kelebihan atau kekuatan dibidang kognitif, dimana pelajaran ini peserta didik lebih dituntut segi pemahaman dan pemikiran yang mendalam mengenai materi yang berkaitan terhadap Al-Qur’an dan Hadis.
Materi Al-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK ini juga mengembangkan kemampuan kepribadian sebagai muslim yang menjalankan tugas sebagai fitrahnya.
B.     Weakneses (Kelemahan dan Kekurangan)
1.      Kelemahan dari mata pelajran Al-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK lebih berfokus pada pengayaan pengetahuan (kognitif), dan minim dalam pembentukan sikap (afektif), serta pengalaman (psikomotorik).
2.      Karena Al-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK materi yang banyak aspek kognitif maka menjadikan peserta didik rendah akan pengalaman yang berkaitan dengan pelajaran yang mereka ingat hanya teori-teori yang tidak begitu berkesan.
3.      Kurngnya keikutsertaan guru mata pelajaran dalam memberi motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekan nilai-nilai Al-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK dalam kehidupan sehari-hari.


C.    Opportunities ( Peluang)
Adanya materi yang berkaitan dengan karakter dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK, ini sehingga dapat meminimalisir kegagalan pendidikan di Indonesia karena sistem pendidikan nasional yang belum mempunyai kurikulum pendidikan karakter.
D.    Threats (Ancaman)
Kendala yang dihadapi dalam materi mata pelajaran-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK  sepi dari aspek kompetensi afektif, dan psikomotorik serta waktu yang disediakan untuk pembelajaran kurang seimbang dengan muatan materi yang begitu padat dan memang penting  yakni menuntut pemantapan pengetahuan yang memang harus mendalam.

SUMBER REFERENSI
1.      Buku Ajar Siswa PRASASTI Quran Hadis LP Ma’arif (Semester Gasal) 
2.      Buku Pelajaran Ma’arif untuk Madrasah Aliyah Al-Quran Hadis kelas X (Semester Gasal)




Tidak ada komentar: