MAKALAH
AL-QUR’AN HADIS SEMESTER I BAB III TUJUAN DAN FUNGSI
AL-QUR’AN
Makalah
Ini Ditulis dan Ditujukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah (SMA/SMK/MA)
Semester IV Oleh Dosen Pengampu Drs.
Abd. Rozaq Assowy
Disusun
Oleh :
Nurul Nikmatun (141310003099)
UNIVERSITAS ISLAM
NAHDLATUL ULAMA’ (UNISNU)
FAKULTAS TARBIYAH DAN
ILMU KEGURUAN
KELAS A2 SEMESTER IV
2016
Jln.Taman Siswa No 9
Pekeng Tahunan Jepara
Kode
Pos 59427,Telp./Fax (0291)593132
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa atas
segala limpahan rahmat, inayah, taufik
dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam
bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat di gunakan
sebagai salah satu acuan,petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam
administrasi pendidikan dalam profesi keguruan.
Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah
pengetahuan dan pengalaman bagi para
pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga
kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangannya
karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu kami harapkan
kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun
untuk kesempurnaan makalah ini.
Jepara, 13 Juni 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL
KATA
PENGANTAR..............................................................................................
DAFTAR
ISI.............................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN........................................................................................
a.Latar Belakang............................................................................................
b.Rumusan Masalah.......................................................................................
c.Tujuan Penulisan.........................................................................................
BAB
II PEMBAHASAN.....................................................................................................
a.Semester I BAB III
Fungsi dan Tujuan Al-Qur’an....................................
BAB III ANALISIS ................................................................................................
a.Analisis .......................................................................................................
b.Analisi SWOT
REFERENSI BUKU.................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dalam
membentuk lulusan yang memiliki keunggulan maka diperlukan kurikulum yang
dikembangkan dengan pendekatan berbasis kompetensi.Hal tersebut dilakukan untuk
dapat merespon secara proaktif dari berbagai perkembangan informasi,
pengetahuan dan teknologi bagi suatu madrasah secara kelembagaannya.
Pendekatan
berbasis kompetensi yang dikembangkan harus menjamin keimanan dan ketaqwaan kepada
Allah SWT.penguasaan ketrampilan dan kemapuan akademik, seni, dan pengembangan
kepribadian. Maka dari itu, disusunlah kurikulum Nasional Pendidikan Agama
Islam yang berbasis kompetensi dasar yang dapat mencerminkan kebutuhan bagi peserta didik.
Peranan
pendidikan agama Islam di madrasah aliyah dijadikan sebagai landasan
pengembangan spiritual bagi peserta. Karena peranan agama islam di madrasah
dijadikan pengembangan spiritual maka pendidikan agama islam di madrasah harus
ditingkatkan untuk menjadikan masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT. yang
diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pendidikan
Al-Quran Hadist adalah bagian dari mata pelajaran pendidikan agama Islam pada
madrasah aliyah yang dimaksudkan untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman,
kemampuan, dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam isi alquran dan
hadist sehingga dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai
manifestasi iman dan taqwa kepada Allah SWT. serta berahlak mulia.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana Tujuan dan Fungsi
Al-Qur’an ?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk Mengetahui Tujuan dan Fungsi
Al-Qur’an.
BAB II
PEMBAHASAN
TUJUAN
DAN FUNGSI AL-QUR’AN
A.
Kompetensi
Dasar
1.
Memfungsikan
al-Qur’an secara tepat dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menunjukkan
prilaku yang mengamalkan ajaran al-Qur’an.
3.
Memahami tujuan
dan fungsi al-Qur’an.
4.
Menceritakan
kisah orang yang menjadikan al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik
dapat menjelaskan tujuan dan fungsi al-Qur’an dengan benar.
2.
Peserta didik
dapat menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan al-Qur’an dengan benar.
3.
Peserta didik
dapat menerapkan fungsi al-Qur’an dengan benar.
C.
Materi
Pembelajaran
1. Kedudukan al-Qur’an
Al-Qur’an merupakan sumber pokok bagi
ajaran Islam. Al-Qur’an juga merupakan sumber hukum yang utama dan pertama
dalam Islam. Sebagai sumber pokok ajaran Islam, al-Qur’an berisi ajaran-ajaran
yang lengkap dan sempurna yang meliputi seluruh aspek yang dibutuhkan dalam
kehidupan umat manusia, terutama umat Islam.
2. Tujuan dan Fungsi al-Qur’an
a.
Al-Qur’an
sebagai Petunjuk bagi Manusia
b.
al-Qur’an
sebagai Sumber Pokok Ajaran Islam
c.
Al-Qur’an
sebagai Peringatan dan Pelajaran bagi Manusia
D.
Strategi
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan,dan keinginannya.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini.
·
Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang
tujuan dan fungsi Al-Qur’an.
2. Kegiatan
Inti
3. Penutup
·
Guru
menyimpulkan kembali poin-poin pelajaran yang dibahas.
·
Memberikan tugas
latihan soal agar siswa lebih menguasai.
·
Memberi salam
penutup.
E. Waktu Pembelajaran
Waktu
pembelajaran adalah 90 menit Satu setengah jam, 15 menit untuk pedahuluan, 50
menit untuk kegiatan inti, dan 15 menit untuk penutup.
F. Sumber dan Refrensi Pembelajaran
Refrensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket
dan buku yang berkaitan.
G. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode diskusi dan
penugasan.
H. Media Pembelajaran
Media yang digunakan untuk menunjang pembelajaran
adalah papan tulis.
I.
Evaluasi
Hasil Belajar
Evalusi
hasil belajar melalui tes tertulis dan tes verbal.
BAB III
ANALISIS KOMPREHENSIF
A.
Analisis Diskriptif (Spesifikasi)
Materi
Al-Qur’an merupakan materi yang digunakan di sekolah tingkat SMA / MA / SMK,
yang sangat penting, ruang lingkup dari materi ini selain dari segi kognitif,
afektif, juga mencakup psikomotorik. Selain mengembangkan kemampuan pengetahuan
pengetahuan materi Al-Qur’an Hadis ini juga mengembangkan kemampuan kepribadian
sebagai muslim yang menjalankan tugas sebagai fitrahnya.
Dalam
materi Al-Quran Hadist yang terdapat kompetensi inti dan kompetensi dasar
berupaya untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam
menerapkannya di kehidupan sehari-hari dan mengetahui sudah sampai manakah
pemahan peserta didik.
Pada materi ini menunjukkan bahwa kegiatan yang
termuat dalam komponen silabus dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
Pengembangan indikator, materi pembelajarn, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi
waktu dan sumber belajar telah mengacu pada pencapaian kompetensi dasar dan
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan sumber daya yang ada dan
berpedoman pada standar isi yang ditetapkan oleh PEMENAG No 2 tahun 2008 dan hal itu menjadikan materi ini sesuai bila
digunakan dalam pembelajaran Al-Quran Hadist Madarasah Aliyah kelas X.
B.
Analisis Relefansi
Menurut Piaget, seorang remaja
termotivasi untuk memahami dunia karena perilaku adaptasi secara biologis
mereka. Dalam pandangan Piaget, remaja secara aktif membangun dunia kognitif
mereka, di mana informasi yang didapatkan tidak langsung diterima begitu saja
ke dalam skema kognitif mereka. Remaja telah mampu membedakan antara hal-hal
atau ide-ide yang lebih penting disbanding ide lainnya, lalu remaja juga
menghubungkan ide-ide ini.
Piaget mengemukakan bahwa pada masa
remaja terjadi kematangan kognitif, yaitu interaksi dari struktur otak yang
telah sempurna dan lingkungan sosial yang semakin luas untuk eksperimentasi
memungkinkan remaja untuk berpikir abstrak. Piaget menyebut tahap perkembangan
kognitif ini sebagai tahap operasi
formal.
Berdasarkan teori tersebut secara
intelektual anak SMA/ MA / SMK, sudah dapat berfikir secara logis, dan sudah
mampu membedakan antara yang kongkrit dan abstrak, dari pemaparan tersebut
bahwasanya materi Al-qur’an Hadis ini sangat sesuai dengan kondisi anak SMA/ MA
/ SMK, dimana dalam buku tersebut terdapat materi, Al-Qur’an kitabku, Betapa
Outentiknya Al-Qur’an, Hadis, Sunnah, Atsar, Khabar, dan Hadis Qudsi, Unsur-Unsur
Hadis, Pokok-Pokok Isi Al-Qur’an dan pembagian Hadis dari segi Kwantitas dan
Kwalitasnya.
Selain itu anak SMA/ MA / SMK, sudah
memikirkan masa depan, perencanaan dan wawasannya yang sudah mulai meluas, dan
kelak akan digunakan untuk bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat
luas, sehungga diperlukan materi-materi dalam Al-Qur’an Hadis seperti Tujuan
dan Fungsi Al-Qur’an, Manusia sebagai Hamba Allah dan Khaliffah di Bumi, Fungsi
Hadis terhadap Al-Qur’an, dan Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam
beribadah yang terdapat dalam buku pembelajaran Ma’arif untuk Madrasah Aliyah,
Al-Qur’an Hadis kelas 10 dan buku pembelajaran Bahan Ajar Siswa Prasasti Qur’an
Hadis untuk SMA/ MA / SMK kelas 10.
C.
Analisis Efesien dan Efektifitas
Buku pembelajaran Ma’arif untuk Madrasah
Aliyah, Al-Qur’an Hadis kelas 10 semester 2, tidak terdapat kompetensi inti dan
kompetensi dasar, sehingga sulit menentukan tujuan pembelajaran, dalam buku ini
juga terdapat materi yang tidak sesuai dengan kurikulum 2013, yaitu Fungsi Hadis
dalam Al-Qur’an dan buku ini tidak
bertele-tele, serta langsung pada inti pembahasan.
D.
Analisis Inovatif dan Pengembangan
Buku
pembelajaran Bahan Ajar Siswa Prasasti Qur’an Hadis untuk SMA/ MA / SMK kelas
10 semester 1, sudah sesuai dan tidak terlalu bertele-tele dan langsung pada
pembahasan. Peserta didik bisa mengembangkan apa yang telah diajarkan oleh
guru, sedangkan guru berperan aktif tidak hanya membimbing tetapi juga
mengarahkan peserta didiknya.
ANALISIS SWOT
A. Strenght ( Kekuatan atau
Kelebihan)
Mata pelajaran
Al-qur’an Hadis kelas X MA/SMA/MAK memiliki kelebihan atau kekuatan dibidang
kognitif, dimana pelajaran ini peserta didik lebih dituntut segi pemahaman dan
pemikiran yang mendalam mengenai materi yang berkaitan terhadap Al-Qur’an dan
Hadis.
Materi Al-Qur’an
Hadis kelas X SMA/MA/SMK ini juga mengembangkan kemampuan kepribadian sebagai
muslim yang menjalankan tugas sebagai fitrahnya.
B. Weakneses (Kelemahan dan
Kekurangan)
1.
Kelemahan dari
mata pelajran Al-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK lebih berfokus pada pengayaan
pengetahuan (kognitif), dan minim dalam pembentukan sikap (afektif), serta
pengalaman (psikomotorik).
2.
Karena Al-Qur’an
Hadis kelas X SMA/MA/SMK materi yang banyak aspek kognitif maka menjadikan
peserta didik rendah akan pengalaman yang berkaitan dengan pelajaran yang
mereka ingat hanya teori-teori yang tidak begitu berkesan.
3.
Kurngnya
keikutsertaan guru mata pelajaran dalam memberi motivasi kepada peserta didik
untuk mempraktekan nilai-nilai Al-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK dalam kehidupan
sehari-hari.
C. Opportunities (
Peluang)
Adanya materi
yang berkaitan dengan karakter dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas X
SMA/MA/SMK, ini sehingga dapat meminimalisir kegagalan pendidikan di Indonesia
karena sistem pendidikan nasional yang belum mempunyai kurikulum pendidikan
karakter.
D. Threats (Ancaman)
Kendala yang
dihadapi dalam materi mata pelajaran-Qur’an Hadis kelas X SMA/MA/SMK sepi dari aspek kompetensi afektif, dan
psikomotorik serta waktu yang disediakan untuk pembelajaran kurang seimbang
dengan muatan materi yang begitu padat dan memang penting yakni menuntut pemantapan pengetahuan yang
memang harus mendalam.
SUMBER
REFERENSI
1. Buku
Ajar Siswa PRASASTI Quran Hadis LP Ma’arif (Semester Gasal)
2. Buku
Pelajaran Ma’arif untuk Madrasah Aliyah Al-Quran Hadis kelas X (Semester Gasal)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar