Selasa, 28 Juni 2016

MAKALAH TELAAH INDIVIDU (IKE CAHYANTI)



MAKALAH
Telaah Materi Akidah Ahlak Kelas X
Guna Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Telaah Materi PAI III (SMA/MA)
Dosen Pengampu: Bapak  Drs. Abdurrozaq Assowy, M.Ag

                                     
                                                          Disusun oleh:

                                                Ike Cahyanti (141310003098) 






 


UNIVERSITAS ISLAM NAHDHATUL ULAMA JEPARA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TH.2015/2016





KATA PENGANTAR

Dengan mengucap rasa syukur alkhamdulillah atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini selesai pada waktunya. Sholawat salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi muhammad saw, keluarganya, para sahabatnya dan seluruh umat islam yang mengikuti sunahnya.
Tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang selalu mendorong  dan memberi masukan serta mendoakan, sahabat dan teman yang selalu senantiasa  mendukung penulis dalam  menyelesaikan makalah ini. Dan kepada semua pihak yang turut membantu dan mendukung dalam pembuatan makalah ini.
Penulis menyadari dalam pembuatan makalah ini banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu segala kritik dan saran demi perbaikan makalah ini sangat penulis nantikan. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca.

                                                                        Jepara, 23 Juni 2016
                                                                        Penulis

                                                                        Ike Cahyanti





DAFTAR ISI

Halaman Sampul .......................................................................................................i
KATA PENGANTAR ...................................................................................... .......ii
DAFTAR ISI ...........................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN ............................................... ........................................1
A. LATAR BELAKANG ............................................. ...............................1
B.RUMUSAN MASALAH ........................................................................1
C.TUJUAN PENULISAN .......................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN ........................................................................................ 2
1. Materi 1..............................................................................................2
A. Kompetensi Inti ......................................................................................2
Kompetensi Dasar ...........................................................................2
Tujuan Pembelajaran .......................................................................2
Materi Pokok ....................................................................................3
Metode pembelaj...............................................................................4
Strategi Pembelajaran .......................................................................4
Waktu pelaksanaan pembelajaran .....................................................5
Refrensi ..............................................................................................5
Media pembelajaran ...........................................................................5
Evaluasi hasil belajar .........................................................................5
BAB III ANALISIS................................................................................................. 6
Analisis Spesifikasi.......................................................................... 6
Analisis Relefansi............................................................................ 6
BAB IV PENUTUP................................................................................................. 7
Kesimpulan................................................................................... 7
Saran............................................................................................ 8



BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
            Pendidikan Aqidah Akhlak memberikan pengajaran tentang tata nilai yang mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan, mengatur hubungan antara sesama manusia, mengatur hubungan dengan lingkungan dan mengatur dirinya sendiri. Dengan demikian pelajaran Aqidah merupakan pelajaran yang teoritis dan aplikatif. Pelajaran teoritis menanamkan ilmu pengetahuan, sedangkan pelajaran aplikatif membentuk sikap dan perilaku dalam kehidupan.
            Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan atau keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan makna dan nilai-nilai asmaul husna dan makna hakikiy akidah islam. Aspek ahlak menekankan pada pembiyasaan untuk melaksanakan ahlak terpuji dan menjauhi ahlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga secara substansial mata pelajaran akidah ahlak di MA memiliki konstribusi dalam memberikan motifasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiyasaan untuk melakukan ahlak terpuji dan menghindari ahlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Al-Ahlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu, bemasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dalam era globalisasi dan krisis multi dimensional yang melanda bangsa dan negara indonesia.

B.     Rumusan  Masalah
1.      Bagaimana penjelasan diskripsi kurikulum yang terdapat dalam buku paket al-qur’an hadis yang berjudul “Menjaga Akhidah dan Akhlak”?
2.      Bagaimana penjelasan mengenai analisa komprehensip dalam buku paket Akhidah Akhlak yang ditelaah?

C.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui penjelasan diskripsi kurikulum yang terdapat dalam buku paket Akhidah Akhlak yang berjudul “Menjaga Akidah dan Akhlak”.
2.      Untuk mengetahui penjelasan mengenai analisa komprehensip  dalam buku paketan Akhidah Akhlak  yang ditelaah
 
MATERI I
SYIRIK
A.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
1.      Menunjukkan sikap penolakan terhadap perbuatan syirik dalam kehidupansehari-hari
2.      Menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
3.      Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam dan cara menghindarinya
4.      Menyajikan contoh praktik-praktik perbuatan syirik di masyarakat
C.     Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian syirik
2.    Siswa dapat menyebutkan dalil yang melarang perbuatan syirik
3.    Siswa dapat menjelaskan macam-macam perbuatan syirik
4.    Siswa dapat mengemukakan contoh perbuatan syirik yang sering muncul di masyarakat.

D.     Materi pokok
1.      Pengertian Syirik
Syirik dari segi bahasa artinya mempersekutukan, secara istilah adalah perbuatan yang mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Orang yang melakukan perbuatan syirik disebut musrik.
Secara istilah syirik adalah perbuatan, anggapan atau itikad menyekutukan Allah Swt. dengan yang lain, seakan-akan ada yang maha kuasa disamping Allah SWT. Orang yang menyekutukan Allah disebut musyrik. Syirik merupakan dosa besar yang tidak terampuni, seperti difirmankan oleh Allah:
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia
mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang
dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, Maka
sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS. an-Nis􀆗' [4] ayat 48)
            Banyak sekali ayat-ayat al-Qur’an yang memberikan penegasan tentang larangan berbuat syirik atau penjelasan tentang kemustahilan bahwa Allah itu memiliki sekutu atau sama dengan makhluk. Penjelasan agar tetap teguh dalam mengakui keesaan Allah Swt. Seperti dalam surah Luqman [31] ayat 32:
Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya Maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurusdan tidak ada yang mengingkari ayat- ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar. (QS. Luqman [31] : 32)
1.      Macam-macam Syirik
a)      Syirik Al-ilmi
Syirik al-ilmi sering terjadi pada ilmuan. Mereka mengagungkan ilmu sebagai maha segalanya.
b)      Syirik At-Tasarruf
c)      Syirik at-tasarruf pada prinsipnya, disadari atau tidak oleh pelakunya, menentang bahwa Allah maha kuasa  dan maha kendali.
d)      Syirik Al-ibadah
Syirik yang menuhankan pikiran, ide-ide atau fantasi.
e)      Syirik Al-Addah
Kepercayaan terhadap tahyayyul.
2.      Contoh perbuatan syirik
a)    Bersumpah dengan nama selain Allah SAW barang siapa yang bersumpah dengan selain nama Allah, maka dia telah kufur atau syirik Sabda Rasulullah
b)   Memakai azimat Memakai azimat termasuk perbuatan syirik, karena mengandung unsur meminta atau mengharapkan sesuatu kepada kekuatan lain selain Allah.
E.     Metode Pembelajaran
            Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab.
F.      Strategi Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Ø  Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran mengucapkan basmalah, membaca asmaul khusna  dan kemudian berdo’a bersama sebelum pelajaran dimulai.
Ø  Siswa menyiapkan diri untuk kegiatan belajar mengajar.
Ø  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Ø  Tanya jawab tentang materi pelajaran.
2.      Kegiatan inti
Ø  Tahap eksplorasi
Tanya jawab tentang materi akidah
Ø  Tahap elaborasi
Kelompok dibagi menjadi tiga bagian, dan masing-masing mendiskusikan tentang kandungan akidah
Ø  Tahap konfirmasi
Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
3.      Kegiatan akhir
Ø  Guru meminta agar para siswa maju kedepan dan membacakan secara bergiliran tentang hasil diskusi mereka dengan kelompoknya masing-masing.
Ø  Guru menyimpulkan dan melengkapi dari apa yang telah disampaikan para peserta didiknya.
Ø  Guru memberikan tugas individu
Ø  Guru mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan berdo’a bersama.
Ø  Guru mengucapkan salam sebelum keluar dari kelas.
G.  Waktu pelaksanaan pembelajaran
                  waktu pembelajaran adalah 90 menit. Satu setengah jam, 15 menit untuk pendahuluan, 50 menit untuk kegiatan inti, 15 menit untuk penutup.
H.  Refrensi
                              refrensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan dengan pelajaran tersebut.
I.     Media pembelajaran
      media yang digunakan adalah lcd proyektor dan papan tulis.
J.    Evaluasi hasil belajar
Evaluasi hasil belajar melalui tes tertulis dan tes verbal.



BAB III
ANALISIS KOMPREHENSIP

1.      Analisis Spesifikasi (Deskriptif).
                                    Materi Akidah Akhlak kelas X SMA/ MA/ SMK yang telah tersusun dalam KI dan KD berupaya untuk mengetahui sudah sampai mana taraf pemahaman siswa terhadap materi-materi yang telah diajarkan serta bagaimana pengembangan metode yang tepat yang diberikan oleh guru dalam mencapai KI dan KD yang telah ditentukan. Didalam buku paket ini dilengkapi dengan penjelasan materi, latihan soal, dalil-dalil, dan do’a, Buku paket “Kebenaran Akidah Akhlak  untuk kelas X “ ini mempunyai point-point dengan bahasa yang komunikatif untuk dapat diterima oleh peserta didik sehingga lebih memudahkan proses pembelajaran. Didalam buku ini selain mempermudah peserta didik, guru dan lembaga juga dipermudahkan dalam proses belajar mengajar didalam pendidikan.
2.      Analisa Relefansi
                        Didalam buku paket ini materi yang tercakup didalamnya sudah sesuai dengan kemampuan peserta didik, karena seorang siswa dapat mengambil suatu pelajaran, dimana sebagai seorang siswa harus berilmu dan mempunyai akhlak terpuji untuk mencapai pendidikan yang diharapkan serta perlunya kerja keras untuk mencapai cita-cita yang diharapkan. Dan dengan adanya kreatifitas, produktifitas serta inovatif seorang siswa dapat mencapai pendidikan.












BAB IV
PENUTUP

A.     KESIMPULAN
Dari Telaah materi Aqidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah menunjukkan bahwa, kesesuaian silabus yang dirumuskan dengan prinsip-prinsip pengembangan yang seharusnya menjadi rujukan dalam merancang bangun dapat digambarkan sebagai berikut:
Pertama, dari aspek prinsip ilmiah menunjukkan materi dan kegiatan yang termuat dalam komponen silabus dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Kedua, dari aspek relevansi materi indikator dan teknik penilaian pembelajaran cukup menunjukkan adanya keterkaitan terhadap kompetensi dasar. Ketiga, dari aspek sistematis silabus terlihat adanya hubungan fungsional antar komponen-komponen silabus dalam mencapai kompetensi. Keempat, dari aspek konsisten di dalam komponen-komponen silabus tersebut telah ada hubungan yang ajek antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian. Kelima, dari aspek memadai cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar. Keenam, dari aspek aktual dan kontekstual cakupan indikator dan sistem penilaian kurang memerhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupn nyata dengan peristiwa yang terjadi. Ketujuh, dari aspek fleksibel komponen silabus indikator dan penilaian kurang dapat mengakomodasi peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan masyarakat. Karena tidak muncul keterkaitan antara peristiwa yang dipelajari dengan aktualisasi pada kehidupan sekarang. Kedelapan, dari aspek menyeluruh silabus belum menunjukkan keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotori) seperti dalam taksonomi Bloom. Kesembilan, dari aspek efektif komponen-komponen silabus cukup menggambarkan keterlaksanaan silabus tersebut dalam proses pembelajaran. Kesepuluh, dari aspek efisien daya dan waktu dapat diperkecil, namun belum tentu dapat mencapai hasil atau standar kompetensi yang ditetapkan karena silabus tersebut belum menggambarkan bagaimana tujuan afektif dan psikomotorik yang dapat dinilai oleh guru.
Demikian uraian analisis dari silabus mata pelajaran AQIDAH AHLAK yang ditampilkan. dan sebagai perbandingan dibawah ini akan ditampilkan silabus yang telah disusun kembali.
B.     Kritik dan Saran
Demikian makalah telaah Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah kelas X dari kami, semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita semua. Apabila ada kritik dan saran, silakan sampaikan langsung kepada kami. Karena kritik dan saran dari pembaca tentu sangat dibutuhkan untuk bahan intropeksi. Sehingga di masa yang mendatang, kami dapat menyusun makalah yang lebih baik lagi. Dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan, karena kaami hanyalah hamba Allah SWT yang tidak luput dari khilaf, alfa dan lupa.

















                                                                                                            







                                                                                                                              














                                                                                                                                         

Tidak ada komentar: