MAKALAH
Telaah
Materi Akidah Ahlak Kelas X
Guna
Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Telaah Materi PAI III (SMA/MA)
Dosen
Pengampu: Bapak Drs. Abdurrozaq Assowy,
M.Ag
Disusun oleh:
Ike
Cahyanti (141310003098)
UNIVERSITAS
ISLAM NAHDHATUL ULAMA JEPARA
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TH.2015/2016
KATA
PENGANTAR
Dengan
mengucap rasa syukur alkhamdulillah atas kehadirat Allah SWT, yang telah
memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penyusun dapat
menyelesaikan makalah ini selesai pada waktunya. Sholawat salam senantiasa
tercurahkan kepada junjungan kita nabi muhammad saw, keluarganya, para
sahabatnya dan seluruh umat islam yang mengikuti sunahnya.
Tidak
lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang selalu
mendorong dan memberi masukan serta
mendoakan, sahabat dan teman yang selalu senantiasa mendukung penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Dan kepada semua
pihak yang turut membantu dan mendukung dalam pembuatan makalah ini.
Penulis
menyadari dalam pembuatan makalah ini banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu
segala kritik dan saran demi perbaikan makalah ini sangat penulis nantikan.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca.
Jepara,
23 Juni 2016
Penulis
Ike
Cahyanti
Halaman
Sampul .......................................................................................................i
KATA
PENGANTAR ...................................................................................... .......ii
DAFTAR
ISI ...........................................................................................................iii
BAB
I PENDAHULUAN ............................................... ........................................1
A.
LATAR BELAKANG ............................................. ...............................1
B.RUMUSAN
MASALAH ........................................................................1
C.TUJUAN
PENULISAN .......................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN ........................................................................................ 2
1. Materi 1..............................................................................................2
A.
Kompetensi Inti ......................................................................................2
Kompetensi Dasar
...........................................................................2
Tujuan Pembelajaran
.......................................................................2
Materi Pokok ....................................................................................3
Metode pembelaj...............................................................................4
Strategi Pembelajaran
.......................................................................4
Waktu pelaksanaan pembelajaran
.....................................................5
Refrensi
..............................................................................................5
Media pembelajaran ...........................................................................5
Evaluasi hasil belajar .........................................................................5
BAB
III ANALISIS................................................................................................. 6
Analisis Spesifikasi.......................................................................... 6
Analisis Relefansi............................................................................ 6
BAB IV PENUTUP................................................................................................. 7
Kesimpulan................................................................................... 7
Saran............................................................................................ 8
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan Aqidah Akhlak memberikan
pengajaran tentang tata nilai yang mengatur hubungan antara manusia dengan
Tuhan, mengatur hubungan antara sesama manusia, mengatur hubungan dengan
lingkungan dan mengatur dirinya sendiri. Dengan demikian pelajaran Aqidah
merupakan pelajaran yang teoritis dan aplikatif. Pelajaran teoritis menanamkan
ilmu pengetahuan, sedangkan pelajaran aplikatif membentuk sikap dan perilaku
dalam kehidupan.
Aspek akidah menekankan pada
kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan atau keimanan yang benar serta
menghayati dan mengamalkan makna dan nilai-nilai asmaul husna dan makna hakikiy
akidah islam. Aspek ahlak menekankan pada pembiyasaan untuk melaksanakan ahlak
terpuji dan menjauhi ahlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga secara
substansial mata pelajaran akidah ahlak di MA memiliki konstribusi dalam
memberikan motifasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan
akidahnya dalam bentuk pembiyasaan untuk melakukan ahlak terpuji dan
menghindari ahlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Al-Ahlak al-karimah ini
sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam
kehidupan individu, bemasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka
mengantisipasi dampak negatif dalam era globalisasi dan krisis multi
dimensional yang melanda bangsa dan negara indonesia.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana
penjelasan diskripsi kurikulum yang terdapat dalam buku paket al-qur’an hadis
yang berjudul “Menjaga Akhidah dan Akhlak”?
2. Bagaimana
penjelasan mengenai analisa komprehensip dalam buku paket Akhidah Akhlak yang
ditelaah?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk
mengetahui penjelasan diskripsi kurikulum yang terdapat dalam buku paket
Akhidah Akhlak yang berjudul “Menjaga Akidah dan Akhlak”.
2. Untuk
mengetahui penjelasan mengenai analisa komprehensip dalam buku paketan Akhidah Akhlak yang ditelaah
MATERI I
SYIRIK
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Menunjukkan sikap penolakan terhadap perbuatan syirik dalam
kehidupansehari-hari
2. Menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
3. Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam dan cara
menghindarinya
4. Menyajikan contoh praktik-praktik perbuatan syirik di masyarakat
C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian syirik
2. Siswa dapat menyebutkan dalil yang melarang perbuatan syirik
3. Siswa dapat menjelaskan macam-macam perbuatan syirik
4. Siswa dapat mengemukakan contoh perbuatan syirik yang sering
muncul di masyarakat.
D. Materi pokok
1. Pengertian Syirik
Syirik dari segi bahasa artinya mempersekutukan, secara istilah
adalah perbuatan yang mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Orang
yang melakukan perbuatan syirik disebut musrik.
Secara istilah syirik adalah perbuatan,
anggapan atau itikad menyekutukan Allah Swt. dengan yang lain, seakan-akan ada
yang maha kuasa disamping Allah SWT. Orang
yang menyekutukan Allah disebut musyrik. Syirik
merupakan dosa besar yang tidak terampuni, seperti difirmankan oleh Allah:
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia
mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa
yang
dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, Maka
sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS. an-Nis􀆗' [4]
ayat 48)
Banyak sekali ayat-ayat al-Qur’an yang memberikan penegasan
tentang larangan berbuat
syirik atau penjelasan tentang kemustahilan bahwa Allah itu
memiliki sekutu atau sama dengan makhluk. Penjelasan
agar tetap teguh dalam mengakui keesaan Allah Swt. Seperti dalam
surah Luqman [31] ayat 32:
Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti
gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya Maka tatkala
Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap
menempuh jalan yang lurusdan tidak ada yang mengingkari ayat- ayat Kami selain
orang-orang yang tidak setia lagi ingkar. (QS. Luqman [31] : 32)
1.
Macam-macam
Syirik
a)
Syirik
Al-ilmi
Syirik al-ilmi sering terjadi pada ilmuan. Mereka mengagungkan
ilmu sebagai maha segalanya.
b)
Syirik
At-Tasarruf
c)
Syirik
at-tasarruf pada prinsipnya, disadari atau tidak oleh pelakunya, menentang
bahwa Allah maha kuasa dan maha kendali.
d)
Syirik
Al-ibadah
Syirik yang menuhankan pikiran, ide-ide atau fantasi.
e)
Syirik
Al-Addah
Kepercayaan terhadap tahyayyul.
2.
Contoh
perbuatan syirik
a)
Bersumpah
dengan nama selain Allah SAW barang siapa yang bersumpah dengan selain nama
Allah, maka dia telah kufur atau syirik Sabda Rasulullah
b)
Memakai
azimat Memakai azimat termasuk perbuatan syirik, karena mengandung unsur
meminta atau mengharapkan sesuatu kepada kekuatan lain selain Allah.
E. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya
jawab.
F. Strategi Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Ø
Guru dan siswa
memberi salam dan memulai pelajaran mengucapkan basmalah, membaca asmaul
khusna dan kemudian berdo’a bersama
sebelum pelajaran dimulai.
Ø
Siswa menyiapkan
diri untuk kegiatan belajar mengajar.
Ø
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran.
Ø
Tanya jawab
tentang materi pelajaran.
2. Kegiatan inti
Ø Tahap eksplorasi
Tanya
jawab tentang materi akidah
Ø Tahap elaborasi
Kelompok
dibagi menjadi tiga bagian, dan masing-masing mendiskusikan tentang kandungan
akidah
Ø Tahap konfirmasi
Mengambil
kesimpulan setelah berdiskusi
3. Kegiatan akhir
Ø Guru meminta agar para siswa maju kedepan dan membacakan secara
bergiliran tentang hasil diskusi mereka dengan kelompoknya masing-masing.
Ø Guru menyimpulkan dan melengkapi dari apa yang telah disampaikan
para peserta didiknya.
Ø Guru memberikan tugas individu
Ø Guru mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan
berdo’a bersama.
Ø Guru mengucapkan salam sebelum keluar dari kelas.
G. Waktu pelaksanaan pembelajaran
waktu
pembelajaran adalah 90 menit. Satu setengah jam, 15 menit untuk pendahuluan, 50
menit untuk kegiatan inti, 15 menit untuk penutup.
H. Refrensi
refrensi
yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan dengan
pelajaran tersebut.
I. Media pembelajaran
media yang digunakan
adalah lcd proyektor dan papan tulis.
J. Evaluasi hasil belajar
Evaluasi hasil belajar melalui tes tertulis dan tes verbal.
BAB III
ANALISIS KOMPREHENSIP
1. Analisis
Spesifikasi (Deskriptif).
Materi
Akidah Akhlak kelas X SMA/ MA/ SMK yang telah tersusun dalam KI dan KD berupaya
untuk mengetahui sudah sampai mana taraf pemahaman siswa terhadap materi-materi
yang telah diajarkan serta bagaimana pengembangan metode yang tepat yang
diberikan oleh guru dalam mencapai KI dan KD yang telah ditentukan. Didalam
buku paket ini dilengkapi dengan penjelasan materi, latihan soal, dalil-dalil,
dan do’a, Buku paket “Kebenaran Akidah Akhlak
untuk kelas X “ ini mempunyai point-point dengan bahasa yang komunikatif
untuk dapat diterima oleh peserta didik sehingga lebih memudahkan proses
pembelajaran. Didalam buku ini selain mempermudah peserta didik, guru dan
lembaga juga dipermudahkan dalam proses belajar mengajar didalam pendidikan.
2. Analisa
Relefansi
Didalam buku paket ini
materi yang tercakup didalamnya sudah sesuai dengan kemampuan peserta didik, karena
seorang siswa dapat mengambil suatu pelajaran, dimana sebagai seorang siswa harus
berilmu dan mempunyai akhlak terpuji untuk mencapai pendidikan yang diharapkan
serta perlunya kerja keras untuk mencapai cita-cita yang diharapkan. Dan dengan
adanya kreatifitas, produktifitas serta inovatif seorang siswa dapat mencapai
pendidikan.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari Telaah materi Aqidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah menunjukkan bahwa, kesesuaian silabus yang
dirumuskan dengan prinsip-prinsip pengembangan yang seharusnya menjadi rujukan
dalam merancang bangun dapat digambarkan sebagai berikut:
Pertama, dari aspek prinsip ilmiah
menunjukkan materi dan kegiatan yang termuat dalam komponen silabus dapat
dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Kedua, dari aspek
relevansi materi indikator dan teknik penilaian pembelajaran cukup menunjukkan
adanya keterkaitan terhadap kompetensi dasar. Ketiga, dari aspek
sistematis silabus terlihat adanya hubungan fungsional antar komponen-komponen
silabus dalam mencapai kompetensi. Keempat, dari aspek
konsisten di dalam komponen-komponen silabus tersebut telah ada hubungan yang
ajek antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar,
sumber belajar dan sistem penilaian. Kelima, dari aspek
memadai cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar,
sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar. Keenam, dari aspek aktual dan kontekstual
cakupan indikator dan sistem penilaian kurang memerhatikan perkembangan ilmu,
teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupn nyata dengan peristiwa yang
terjadi. Ketujuh, dari aspek fleksibel komponen silabus
indikator dan penilaian kurang dapat mengakomodasi peserta didik, pendidik,
serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan masyarakat. Karena tidak
muncul keterkaitan antara peristiwa yang dipelajari dengan aktualisasi pada
kehidupan sekarang. Kedelapan, dari aspek menyeluruh silabus
belum menunjukkan keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan
psikomotori) seperti dalam taksonomi Bloom. Kesembilan, dari
aspek efektif komponen-komponen silabus cukup menggambarkan keterlaksanaan silabus tersebut
dalam proses pembelajaran. Kesepuluh, dari aspek efisien daya dan waktu dapat diperkecil, namun belum tentu dapat
mencapai hasil atau standar kompetensi yang ditetapkan karena silabus tersebut
belum menggambarkan bagaimana tujuan afektif dan psikomotorik yang dapat
dinilai oleh guru.
Demikian uraian analisis dari
silabus mata pelajaran AQIDAH AHLAK yang ditampilkan. dan sebagai
perbandingan dibawah ini akan ditampilkan silabus yang telah disusun kembali.
B.
Kritik dan Saran
Demikian makalah telaah Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah
kelas X dari kami, semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita
semua. Apabila ada kritik dan saran, silakan sampaikan langsung kepada kami.
Karena kritik dan saran dari pembaca tentu sangat dibutuhkan untuk bahan
intropeksi. Sehingga di masa yang mendatang, kami dapat menyusun makalah yang
lebih baik lagi. Dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan, karena kaami hanyalah
hamba Allah SWT yang tidak luput dari khilaf, alfa dan lupa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar