Rabu, 29 Juni 2016

MAKALAH TELAAH INDIVIDU (TRIA ZUSNITA SARI)

MAKALAH
“TELAAH PAI AQIDAH AHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYAH”
Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Telaah PAI III
Dosen Pengampu : Drs. ABDURROZAQ ASSOWY.

DI SUSUN OLEH :
NAMA       :TRIA ZUSNITA SARI
NIM           :141310003187




UNIVERSITAS NAHDLOTUL ULAMA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JL. TAMAN SISWA (PEKENG) TAHUNAN JEPARA 59427
TAHUN AJARAN 2016

KATA PENGANTAR
السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته
            Puji  dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya, shalawat salam juga tak lupa terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jalan kesesatan menuju jalan yang lurus sehingga saya dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Telaah Aqidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyyah Bab II: Memahami Aliran-aliran Ilmu Kalam dan Tokoh-tokohnya” yang dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Telaah Materi PAI III (SMA/SMK/MA) pada semester IV ini.
            Penyusunan makalah ini disusun dengan tujuan membantu kita dalam pembelajaran untuk memperoleh ilmu pengetahuan, dan memudahkan pemahaman. Makalah ini juga dapat bermanfaat bagi kita dalam memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menganalisis segala hal. Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya.
            Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan yang berguna untuk perbaikan dari laporan tersebut. Semoga makalah  ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Jepara, 15 Juni 2016

                                                                                                Tria Zusnita Sari


DAFTAR ISI

Kata Pengantar
........................................................
i
Daftar Isi
........................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penulisan

........................................................
........................................................
........................................................

1
2
2
BAB II PEMBAHASAN
Materi Bab II: Memahami Aliran-aliran Ilmu Kalam dan Tokoh-tokohnya


........................................................


3
BAB III ANALISIS
A.    Analisis Komprehensif
B.     Analisi SWOT

........................................................
........................................................

10
11
BAB IV PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran
Daftar Pustaka

........................................................
........................................................

13
13












BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Aqidah akhlak merupakan mata pelajaran yang sangat berperan dalam pembentukan watak serta akhlak kepada para pembelajarnya. Di dalamnya ada dua aspek yang sangat berperan dalam kehidupan manusia, aspek aqidah serta aspek akhlak.
Aspek aqidah memiliki peran dalam membentuk fondasi keimanan terhadap Allah, malaikat, kitab, rasul, hari akhir serta qada’ dan qadar. Sehingga jika aqidah seseorang telah kuat, maka imannya juga kuat. Tetapi manusia yang memiliki akal dan hawa nafsu, ada kalanya iman bertambah, dan ada kalanya iman akan berkurang Oleh karena itu penting mempelajari aqidah agar iman kita senantiasa bertambah kepada Allah SWT.
Dengan aqidah yang kuat dan membentuk fondasi keimanan yang kuat dan kokoh, maka akhlak manusia akan otomatis menjadi akhlak yang baik. Pendidikan akhlak bukan sekedar mengajarkan mana yangg benar dan mana yang salah, tetapi lebih dari itu pendidikan akhlak menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal yang baik, sehingga seseorang menjadi paham (kognitif) mana yang baik dan mana yang buruk, benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan terbiasa untuk melakukannya (psikomotor).
Sebagai seorang guru, sebelum mengajarkan materi dalam mata pelajaran apapun, sudah selayaknya untuk menelaah terlebih dahulu tentang materi yang akan diajarkannya. Baik menelaah dalam aspek substantifnya yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi yang akan disajikan telah sesuai atau belum dengan tingkat pemahaman peserta didik, dan juga dari aspek formatifnya yang mencakup pendekatan, metode, media, alokasi waktu, dan evaluasi yang ada dalam materi tersebut.

B.       Rumusan Masalah
Melihat latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang akan dipaparkan dalam makalah ini adalah :
1.        Bagaimana cara Mendeskripsikan Kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 materi BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya?
2.        Bagaimana cara Menganalisis Komprehensif  Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya?
3.        Bagaimana cara Menganalisis SWOT Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya?

C.      Tujuan Penulisan
Berdasarkan pada permasalahan yang diajukan di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.        Untuk mengetahui cara mendeskripsikan kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.
2.        Untuk mengetahui cara menganalisis secara komprehensif kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.
3.        Untuk mengetahui cara menganalisi dengan SWOT Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.






BAB II
PEMBAHASAN

AQIDAH AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYYAH
BAB II
MEMAHAMI ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM DAN TOKOH- TOKOHNYA
A.    Judul
Judul buku yang di telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, rumah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan , teknologi, seni, budaya serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri secara mandiri, efektif, kratif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

C.    Kompetensi dasar :
1.      Menghayati nilai-nilai positif dari adanya aliran-aliran dalam ilmu kalam
2.      Membiasakan diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat
3.      Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
4.      Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam

D.    Tujuan Pembelajaran
            Melalui pengamatan terhadap berbagai literatur dan diskusi di harapkan siswa dapat menjelaskan pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syiah, Jabariah, Qodariah, Asyariyah, Al Maturidiyah dan Mu’tazilah).

E.    Materi Pembelajaran
A.       Aliran khawarij
1.      pengertian
Khawarij secara harfiah berarti mereka yang keluar.Menurut kelompok khawarij semua yang telah mengikuti proses Tahkim, termasuk Ali bin abi tablib dan muawiyah yang melanggar ketentuan syara’ dan dihukumkafir karena telah melakukan dosa besar.Dan kelompok khawarij mencetuskan pokok pemikiran bahwa setiap keputusan berada pada kekuasaan Tuhan.
2.      Dasar ajaran
Terdapat dapat QS Al-Baqarah (2);207.
3.      Doktrin ajaran
a.       Setiap umat Muhammad yang terus menerus melakukan dosa besar hingga matinya belum melakukan tobat, maka dihukumkan kafir serta kekal dan neraka.
b.      Membolehkan tidak mematuhi aturan-aturan kepala Negara, bila kepala keluarga tersebut khianat dan zalim.
c.       C. DLL.
4.      Sekte
a.       Sekte Al Azariqah
b.      Sekte Al Ibadiah
B.     Aliran Murji’ah
1.      Pengertian
Kata murji’ah berasal dari kata bahasa arab arja’a, yarji,u yang berarti menunda atau menagguhkan.
2.      Sekte
Menurut Harun Nasution aliran murji’ah dibagi menjadi dua yakni golongan moderat dan ekstrim.
C.    Aliran Syi’ah
1.      Pengertian
Istilah syi’ah berasal dari kata bahasa arab syi’ah. Menurut etimologi berarti pembela dan pengikut seseorang.Jadi syi’ah adalah bentuk pendek dari kalimat bersejarah syi’ah ‘Ali artinya “pengikut Ali”.
2.      Doktrin ajaran
a.       Tauhid bahwa Allah SWT adalah maha Esa
b.      Al Adl bahwa Allah SWT maha adil
c.       An-nubuwah mempercayai kepercayaan syi’ah meyakini keberadaan para Nabi
d.      Al-imamah meyakini adanya iman-iman yang senantiasa memimpin umat sebagai penerus risalah kenabian
e.       Al-ma’ad bahwa akan terjadinya hari kebangkitan
3.      Sekte
a.       Dua belas imam
b.      Ismailiyah
c.       Zaidiyah
D.    Aliran jabariyah
1.      Pengertian
Menurut harun nasution jabariyah adalah paham yang menyebutkan bahwa segala perbuatan manusia telah ditentukan dari semula oleh qadha dan qadar Allah.
2.      Dasar ajaran
Dasar pemahaman pada aliran jabariyah ini dijelaskan Al-Quran diantarannya : QS.al shaffat (37): 96, dan QS al-insan (76):30.
3.      Doktrin ajaran
a.       Aliran ekstrim
b.      Aliran moderat
E.     Aliran Qadariyah
1.      Pengertian
Secara etimologi berasal dari bahas Arab yaitu qadara yang bermakna kemampuan dan kekuatan.Secara terminologi qadariyah adalah suatu aliran yang percaya bahwa segala tindakan manusia tidak diintervasi oleh Allah.
2.      Dasar ajaran
Dalam al-quran terdapat ayat-ayat yangb dijadikan dasar paham qadariyah seperti QS Ar-ra’ad (13): 11.
3.      Doktrin ajaran
Menurut Dr. Ahmad Amin pokok-pokok ajaran Qadariyah :
1.      Orang yang berdosa besar itu bukanlah kafir, dan bukanlah mukmin , tapi fisik dan orang fasik itu masuk neraka secara kekal.
2.      Dll.

F.     Aliran mu’tazilah
1.      Pengertian
Mu’tazilah adalah salah satu aliran pemikiran dalam islam yang banyak terpengaruh dngan filsafat barat sehinggah berkecenderungan menggunakan rasio sebagai dasar argumentasi.
2.      Doktrin ajaran
a.       Al-Tauhid
b.      Al-adl
c.       Al-wa’d wa’al wa’id (janji dan ancaman)
d.      Al-manzilah bain al manzilatain
e.       Amar ma’ruf nahi mungkar
G.    Aliran ahlu sunnah waljamaah/sunni
1.      Aliran asy’ariyah
Penganut atau pengikut sunnah Nabi Muhammad SAW.
a.       Pengertian
Asy’ariyah adalah sebuah paham akidah yang di nisbatkan kepada abul hasan al asy’ary.
b.      Doktrin ajaran
1.      Sifat-sifat Allah
2.      Al-Quran
3.      Melihat Tuhan
4.      Perbuatan Manusia
5.      Keadilan Tuhan
6.      Muslim yang berbuat dosa
2.      Aliran maturidiyah
a.       Pengertian
Maturidiyah adalah aliran pemikiran kalam yang berpegang pada keputusan akal pikiran dalam hal-hal yang tidak bertntangan dengan syara’.
b.      Doktrin ajaran
1.      Akal dan wahyu
2.      Perbuatan manusia
3.      Kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan
4.      Sifat Tuhan
5.      Melihat Tuhan
6.      Kalam Tuhan
7.      Perbuatan Tuhan
8.      Pengutusan Rasul
9.      Pelaku dosa besar
10.  Iman
c.       Madzhab aliran maturidiyah
1.      Golongan Samarkand
2.      Golongan buhara
H.    Perbandingan pemikiran aliran kalam
1.      Akal dan wahyu
a.       Menurut aliran mu’tazilah
b.      Menurut aliran asy’ariyah
c.       Menurut aliran maturidiyah
2.      Iman dan kufur
a.       Menurut aliran khawarij
b.      Menurut aliran murjiah
c.       Menurut aliran mu’tazilah
d.      Menurut aliran asy’ariyah
3.      Perbutan manusia
a.       Menurut aliran jabariyah
b.      Menurut aliran mu’tazilah
c.       Menurut aliran asya’ariyah
d.      Menurut aliran maturidiyah
4.      Kehendak mutlak dan keadilan Tuhan
a.       Menurut aliran mu’tazilah
b.      Menurut aliran asy’ariyah

I.       Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
J.      Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø  Siswa  memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø  Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø  Memberi salam penutup
K.   Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
L.    Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet.
M.  Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
N.    Media Pembelajaran
            Media yang digunakan dalam pengajaran dikelas adalah power point dan papan tulis.









BAB III
ANALISIS
A.      ANALISIS KOMPREHENSIF
Ø  Analisis Spesifikasi (Deskriptif)
A.       Analisis Profil dan isi buku
Buku yang dianalisis berjudul buku siswa aqidah akhlak pendekatan saintifik kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (peminatan IPA, IPS, dan BAHASA) kelas XI, yang di kontributori naskah oleh Usman, Abdurohman, Noek ainul latifah dan diterbitkan oleh kementrian agama 2015. Disampul depan yang berwarna hijau kekuning emasan terdapat ilustrasi gambar Al-Qur’an di dalam masjid.
Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum tahun 2013 ini dimulai dengan kata pengantar, pedoman transliterasi arab-Indonesia, silabus pelajaran dan masuk kemateri pelajaran 1 sampai pelajaran 10. Pelajaran 1 sampai 5 disampaikan disemester 1, sedangkan pelajaran 6 sampai 10 disampaikan di semester 2 , daftar isi. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang cukup relevan pada awal setiap judul bab, karena bisa terlihat bagus, menarik dan memperjelas dari judul sub bab. Bagian isi buku ini diakhiri dengan daftar pustaka dan catatan.
Dalam buku ini penggunaan bahasanya mudah dipahami seperti alur cerita yang dipaparkan. Namun, ada beberapa bahasa yang digunakan dalam buku ini kurang cocok diantaranya: Dalam susunan materinya ada yang terlalu sedikit dan ada pula yang susunan materinya banyak, seharusnya dicantumkan point point penting saja dalam materi tersebut.
B.       Analisis Kesesuaian Materi
Materi dalam buku Siswa Akidah Akhlak Kelas XI Pendekatan Saintifik tentang Aliran-aliran ilmu kalam dan tokohnya ini kurang lengkap, karena pengertian masih membingungkan peserta didik, dasar hukum yang dicantumkan belum lengkap karena yang dipaparkan hanya dasar hukum Al-Quran seharusnya ada dasar hukum hadis dan juga tokoh aliran ilmu kalam yang seharusnya ada namun tidak dicantumkan.

C.       Analisis Relefansi Kesesuain Materi dengan KI
Relefansi kesesuaian materi dengan Kompetensi Inti menurut saya sesuai tetapi akan lebih baik susunan dalam Kompetensi Inti dipaparkan secara lebih ringkas, singkat, padat dan jelas, agar peserta didik dapat cepat memahami isi kompetensi isi tersebut. Karena materi aliran-aliran ini sangat banyak sehingga siswa harus memahami satu per satu untuk itu penyusunannya harus lebih rinci dan jeli.

D.       Analsis Relefensi Materi dengan Kebutuhan Siswa
Refelensi materi kebutuhan siswa dengan guru menurut saya guru belum siap menghadapi kurikulum 2013,  karena kurikulum 2013 lebih menekankan praktek, dan sekolah belum siap dengan kurikulum 2013 karena kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Untuk itu guru harus menyiapkan media power point dan urgensi kepada peserta didik saat melangsungkan materi pembelajaran tersebut.

B.       ANALISI SWOT
A.    Strenght (Kekuatan/Kelebihan)
Dalam buku ini menggunakan kurikulum 2013 dan siswa diajarkan mempunyai kepribadian diri yang aktif, kreatif, inovatif. Jadi, siswa tidak harus selalu belajar dari guru tersebut, siswa juga harus aktif dalam belajar dirumah dan di praktekkan disekolah dengan peserta didik yang lain. Dan apabila siswa belum jelas dengan materi tersebut bisa ditanyakan dan diluruskan oleh guru.
B.     Weakneses (Kelemahan/ Kekurangan)
Dalam buku ini materi yang disajikan tidak terlalu lengkap, seperti tidak mencantumkan setiap tokoh dari aliran ilmu kalam sendiri, tidak mencantumkan alokasi waktu, dan kompetensi intinya terlalu rumit, sehingga guru sulit menerapkan terhadap peserta didik. Solusinya guru harus bisa memanagemen waktu sebaik mungkin, karena materi aliran-aliran khawarij ini sangat banyak, jadi guru harus sebisa mungkin menjelaskan secara rinci tentang aliran-aliran tersebut.
C.    Oportunities (Peluang)
Kurikulum 2013 dikembangkan sesuai dengan Satuan pendidikan nasional, secara profesional juga memberikan peluang pada guru-guru PAI untuk mengembangkan dan menerapkannya pada siswa. Kurikulum 2013 harus lebih menitik beratkan beberapa aspek diantaranya sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berefungsi sebagai tuntutan kebutuhan peserta didik dari lulusan MA(Madrasah Aliyah) tersebut.
D.    Threat (Ancaman/ Tantangan)
Dalam buku kurikulum 2013 mempunyai banyak kekurangan, sehingga para guru lebih memilih mengacu pada buku lain dan berpegang pada buku yang dirasa lebih lengkap, mudah dipahami daripada buku kurikulum 2013. Jadi solusinya guru harus mempunyai buku refrensi lain, serta pengetahuan yang didapat oleh guru tentang materi yang akan diajarkan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada materi tersebut dan bisa di share kepada peserta didik.











BAB IV
PENUTUP

A.      SIMPULAN
Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa buku siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kelas XI ini berbasis Kurikulum 2013. Di dalam buku ini terdapat banyak kekurangan dan kelebihan yang sudah di paparkan dalam analisis SWOT. Dan di dalam analisis komprehensif telah dijelaskan kesesuaian antara :
1.        Analisis Deskriftif : yang didalmnya menjelaskan tentang cover buku dan materi.
2.        Analisis Relefansi : kesesuaian materi dalam buku dengan kompetensi inti yang di paparkan dalam buku tersebut.
3.        Analisisn Efisien dan Efektifitas : Di dalamnya dijelaskan kurangnya efektif dalam pemaparan kompetensi inti dan beberapa kekurangan di dalam buku tersebut.
4.        Analisis Pengembangan : di dalam kurikulum tersebut menekankan kepada siswa tentang pengembangan diri, sikap, pengetahuan dan keterampilan.

B.       SARAN
Semoga makalah ini dapat bermanfaat buat pembaca dan semoga dengan pergantian kurikulum ini dunia pendidikan khususnya di Indonesia menjadi lebih baik lagi, dan mampu mencatak generasi penerus bangsa yang cerdas secara Emosional, Intelektual dan Spiritualnya serta berakhlakul karimah. Aamiin.



DAFTAR PUSTAKA
Usman dkk. 2015. Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas XI Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Agama Republik Indonesia.



Tidak ada komentar: