MAKALAH
“TELAAH PAI AQIDAH AHLAK
KELAS XI MADRASAH ALIYAH”
Makalah Ini Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Telaah PAI III
Dosen Pengampu : Drs. ABDURROZAQ ASSOWY.
DI
SUSUN OLEH :
NAMA :TRIA ZUSNITA SARI
NIM :141310003187
UNIVERSITAS NAHDLOTUL ULAMA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JL. TAMAN SISWA (PEKENG) TAHUNAN JEPARA 59427
TAHUN AJARAN 2016
KATA PENGANTAR
السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته
Puji dan
syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, yang selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya, shalawat salam
juga tak lupa terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang
telah menuntun kita dari jalan kesesatan menuju jalan yang lurus sehingga saya dapat
menyelesaikan makalah dengan
judul “Telaah Aqidah Akhlak Kelas XI
Madrasah Aliyyah Bab II: Memahami Aliran-aliran Ilmu Kalam dan Tokoh-tokohnya”
yang dibuat untuk memenuhi tugas
Mata Kuliah Telaah Materi PAI III (SMA/SMK/MA) pada semester IV ini.
Penyusunan makalah ini disusun dengan tujuan membantu kita dalam pembelajaran untuk memperoleh ilmu pengetahuan,
dan memudahkan pemahaman. Makalah ini juga
dapat bermanfaat bagi kita dalam memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan
kemampuan menganalisis segala hal. Kami menyadari bahwa makalah ini masih
banyak kekurangannya.
Oleh
karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan yang berguna
untuk perbaikan dari laporan tersebut. Semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi kita semua.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته
Jepara,
15 Juni 2016
Tria
Zusnita Sari
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar
|
........................................................
|
i
|
Daftar
Isi
|
........................................................
|
ii
|
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan
Masalah
C. Tujuan Penulisan
|
........................................................
........................................................
........................................................
|
1
2
2
|
BAB
II PEMBAHASAN
Materi
Bab II: Memahami Aliran-aliran Ilmu Kalam dan Tokoh-tokohnya
|
........................................................
|
3
|
BAB
III ANALISIS
A.
Analisis
Komprehensif
B. Analisi SWOT
|
........................................................
........................................................
|
10
11
|
BAB
IV PENUTUP
A.
Simpulan
B.
Saran
Daftar
Pustaka
|
........................................................
........................................................
|
13
13
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Aqidah
akhlak merupakan mata pelajaran yang sangat berperan dalam pembentukan watak
serta akhlak kepada para pembelajarnya. Di dalamnya ada dua aspek yang sangat
berperan dalam kehidupan manusia, aspek aqidah serta aspek akhlak.
Aspek
aqidah memiliki peran dalam membentuk fondasi keimanan terhadap Allah,
malaikat, kitab, rasul, hari akhir serta qada’ dan qadar. Sehingga jika aqidah
seseorang telah kuat, maka imannya juga kuat. Tetapi manusia yang memiliki akal
dan hawa nafsu, ada kalanya iman bertambah, dan ada kalanya iman akan berkurang
Oleh karena itu penting mempelajari aqidah agar iman kita senantiasa bertambah
kepada Allah SWT.
Dengan
aqidah yang kuat dan membentuk fondasi keimanan yang kuat dan kokoh, maka
akhlak manusia akan otomatis menjadi akhlak yang baik. Pendidikan akhlak bukan
sekedar mengajarkan mana yangg benar dan mana yang salah, tetapi lebih dari itu
pendidikan akhlak menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal yang
baik, sehingga seseorang menjadi paham (kognitif) mana yang baik dan
mana yang buruk, benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan
terbiasa untuk melakukannya (psikomotor).
Sebagai
seorang guru, sebelum mengajarkan materi dalam mata pelajaran apapun, sudah
selayaknya untuk menelaah terlebih dahulu tentang materi yang akan
diajarkannya. Baik menelaah dalam aspek substantifnya yang mencakup standar
kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi yang akan disajikan telah
sesuai atau belum dengan tingkat pemahaman peserta didik, dan juga dari aspek
formatifnya yang mencakup pendekatan, metode, media, alokasi waktu, dan
evaluasi yang ada dalam materi tersebut.
B.
Rumusan Masalah
Melihat
latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang akan dipaparkan dalam
makalah ini adalah
:
1.
Bagaimana cara Mendeskripsikan
Kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 materi BAB II memahami
aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya?
2.
Bagaimana cara Menganalisis Komprehensif Mata Pelajaran
Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB
II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya?
3.
Bagaimana cara Menganalisis SWOT Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya?
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan
pada permasalahan yang diajukan di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui cara mendeskripsikan kurikulum Mata
Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.
2.
Untuk mengetahui cara menganalisis secara komprehensif kurikulum Mata
Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.
3.
Untuk mengetahui cara menganalisi dengan SWOT Mata
Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013 BAB II memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.
BAB II
PEMBAHASAN
AQIDAH AKHLAK
KELAS XI MADRASAH ALIYYAH
BAB II
MEMAHAMI
ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM DAN TOKOH- TOKOHNYA
A.
Judul
Judul buku yang di telaah adalah
“Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, rumah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan , teknologi, seni,
budaya serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan diri secara mandiri, efektif, kratif, serta mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi dasar :
1.
Menghayati
nilai-nilai positif dari adanya aliran-aliran dalam ilmu kalam
2.
Membiasakan
diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan
bermasyarakat
3.
Menganalisis
pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
4.
Menyajikan
peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
pengamatan terhadap berbagai literatur dan diskusi di harapkan siswa dapat
menjelaskan pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syiah, Jabariah,
Qodariah, Asyariyah, Al Maturidiyah dan Mu’tazilah).
E.
Materi Pembelajaran
A.
Aliran khawarij
1.
pengertian
Khawarij secara harfiah berarti
mereka yang keluar.Menurut kelompok khawarij semua yang telah mengikuti proses
Tahkim, termasuk Ali bin abi tablib dan muawiyah yang melanggar ketentuan
syara’ dan dihukumkafir karena telah melakukan dosa besar.Dan kelompok khawarij
mencetuskan pokok pemikiran bahwa setiap keputusan berada pada kekuasaan Tuhan.
2.
Dasar
ajaran
Terdapat
dapat QS Al-Baqarah (2);207.
3.
Doktrin
ajaran
a.
Setiap
umat Muhammad yang terus menerus melakukan dosa besar hingga matinya belum
melakukan tobat, maka dihukumkan kafir serta kekal dan neraka.
b.
Membolehkan
tidak mematuhi aturan-aturan kepala Negara, bila kepala keluarga tersebut
khianat dan zalim.
c.
C.
DLL.
4.
Sekte
a.
Sekte
Al Azariqah
b.
Sekte
Al Ibadiah
B.
Aliran Murji’ah
1.
Pengertian
Kata murji’ah berasal dari kata bahasa arab arja’a, yarji,u yang berarti
menunda atau menagguhkan.
2.
Sekte
Menurut Harun Nasution aliran murji’ah dibagi menjadi dua yakni
golongan moderat dan ekstrim.
C.
Aliran Syi’ah
1.
Pengertian
Istilah syi’ah berasal dari kata bahasa arab syi’ah. Menurut
etimologi berarti pembela dan pengikut seseorang.Jadi syi’ah adalah bentuk
pendek dari kalimat bersejarah syi’ah ‘Ali artinya “pengikut Ali”.
2.
Doktrin
ajaran
a.
Tauhid
bahwa Allah SWT adalah maha Esa
b.
Al
Adl bahwa Allah SWT maha adil
c.
An-nubuwah
mempercayai kepercayaan syi’ah meyakini keberadaan para Nabi
d.
Al-imamah
meyakini adanya iman-iman yang senantiasa memimpin umat sebagai penerus risalah
kenabian
e.
Al-ma’ad
bahwa akan terjadinya hari kebangkitan
3.
Sekte
a.
Dua
belas imam
b.
Ismailiyah
c.
Zaidiyah
D.
Aliran jabariyah
1.
Pengertian
Menurut harun nasution jabariyah adalah paham yang menyebutkan
bahwa segala perbuatan manusia telah ditentukan dari semula oleh qadha dan
qadar Allah.
2.
Dasar
ajaran
Dasar
pemahaman pada aliran jabariyah ini dijelaskan Al-Quran diantarannya : QS.al
shaffat (37): 96, dan QS al-insan (76):30.
3.
Doktrin
ajaran
a.
Aliran
ekstrim
b.
Aliran
moderat
E.
Aliran Qadariyah
1.
Pengertian
Secara etimologi berasal dari bahas Arab yaitu qadara yang bermakna
kemampuan dan kekuatan.Secara terminologi qadariyah adalah suatu aliran yang
percaya bahwa segala tindakan manusia tidak diintervasi oleh Allah.
2.
Dasar
ajaran
Dalam al-quran terdapat ayat-ayat yangb dijadikan dasar paham
qadariyah seperti QS Ar-ra’ad (13): 11.
3.
Doktrin
ajaran
Menurut
Dr. Ahmad Amin pokok-pokok ajaran Qadariyah :
1.
Orang
yang berdosa besar itu bukanlah kafir, dan bukanlah mukmin , tapi fisik dan
orang fasik itu masuk neraka secara kekal.
2.
Dll.
F.
Aliran mu’tazilah
1.
Pengertian
Mu’tazilah adalah salah satu aliran pemikiran dalam islam yang
banyak terpengaruh dngan filsafat barat sehinggah berkecenderungan menggunakan
rasio sebagai dasar argumentasi.
2.
Doktrin
ajaran
a.
Al-Tauhid
b.
Al-adl
c.
Al-wa’d
wa’al wa’id (janji dan ancaman)
d.
Al-manzilah
bain al manzilatain
e.
Amar
ma’ruf nahi mungkar
G.
Aliran ahlu sunnah waljamaah/sunni
1.
Aliran asy’ariyah
Penganut atau pengikut sunnah Nabi Muhammad SAW.
a.
Pengertian
Asy’ariyah
adalah sebuah paham akidah yang di nisbatkan kepada abul hasan al asy’ary.
b.
Doktrin
ajaran
1.
Sifat-sifat
Allah
2.
Al-Quran
3.
Melihat
Tuhan
4.
Perbuatan
Manusia
5.
Keadilan
Tuhan
6.
Muslim
yang berbuat dosa
2.
Aliran maturidiyah
a.
Pengertian
Maturidiyah adalah aliran pemikiran kalam yang berpegang pada
keputusan akal pikiran dalam hal-hal yang tidak bertntangan dengan syara’.
b.
Doktrin
ajaran
1.
Akal
dan wahyu
2.
Perbuatan
manusia
3.
Kekuasaan
dan kehendak mutlak Tuhan
4.
Sifat
Tuhan
5.
Melihat
Tuhan
6.
Kalam
Tuhan
7.
Perbuatan
Tuhan
8.
Pengutusan
Rasul
9.
Pelaku
dosa besar
10.
Iman
c.
Madzhab
aliran maturidiyah
1.
Golongan
Samarkand
2.
Golongan
buhara
H.
Perbandingan pemikiran aliran kalam
1.
Akal
dan wahyu
a.
Menurut
aliran mu’tazilah
b.
Menurut
aliran asy’ariyah
c.
Menurut
aliran maturidiyah
2.
Iman
dan kufur
a.
Menurut
aliran khawarij
b.
Menurut
aliran murjiah
c.
Menurut
aliran mu’tazilah
d.
Menurut
aliran asy’ariyah
3.
Perbutan
manusia
a.
Menurut
aliran jabariyah
b.
Menurut
aliran mu’tazilah
c.
Menurut
aliran asya’ariyah
d.
Menurut
aliran maturidiyah
4.
Kehendak
mutlak dan keadilan Tuhan
a.
Menurut
aliran mu’tazilah
b.
Menurut
aliran asy’ariyah
I.
Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab
J.
Strategi Pembelajaran
1.
Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu memahami
aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
2.
Kegiatan
Inti
3.
Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan
materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali
pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
K.
Evaluasi Hasil Belajar
Penilaian proses belajar mengajar oleh
guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
L.
Sumber dan Referensi Pembelajaran
Referensi
yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia
interaktif dan internet.
M.
Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk
pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
N.
Media Pembelajaran
Media
yang digunakan dalam pengajaran dikelas adalah power point dan papan tulis.
BAB III
ANALISIS
A.
ANALISIS KOMPREHENSIF
Ø Analisis
Spesifikasi (Deskriptif)
A.
Analisis Profil dan isi buku
Buku yang dianalisis berjudul buku siswa aqidah akhlak pendekatan
saintifik kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (peminatan IPA, IPS, dan BAHASA)
kelas XI, yang di kontributori naskah oleh Usman, Abdurohman, Noek ainul
latifah dan diterbitkan oleh kementrian agama 2015. Disampul depan yang
berwarna hijau kekuning emasan terdapat ilustrasi gambar Al-Qur’an di dalam
masjid.
Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum tahun 2013 ini
dimulai dengan kata pengantar, pedoman transliterasi arab-Indonesia, silabus
pelajaran dan masuk kemateri pelajaran 1 sampai pelajaran 10. Pelajaran 1
sampai 5 disampaikan disemester 1, sedangkan pelajaran 6 sampai 10 disampaikan
di semester 2 , daftar isi. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar
yang cukup relevan pada awal setiap judul bab, karena bisa terlihat bagus,
menarik dan memperjelas dari judul sub bab. Bagian isi buku ini diakhiri dengan
daftar pustaka dan catatan.
Dalam buku ini penggunaan bahasanya mudah dipahami seperti alur
cerita yang dipaparkan. Namun, ada beberapa bahasa yang digunakan dalam buku
ini kurang cocok diantaranya: Dalam susunan materinya ada yang terlalu sedikit
dan ada pula yang susunan materinya banyak, seharusnya dicantumkan point point
penting saja dalam materi tersebut.
B.
Analisis Kesesuaian Materi
Materi dalam buku Siswa Akidah Akhlak Kelas XI Pendekatan Saintifik
tentang Aliran-aliran ilmu kalam dan tokohnya ini kurang lengkap, karena
pengertian masih membingungkan peserta didik, dasar hukum yang dicantumkan
belum lengkap karena yang dipaparkan hanya dasar hukum Al-Quran seharusnya ada
dasar hukum hadis dan juga tokoh aliran ilmu kalam yang seharusnya ada namun
tidak dicantumkan.
C.
Analisis Relefansi Kesesuain Materi dengan KI
Relefansi kesesuaian materi dengan Kompetensi Inti menurut saya
sesuai tetapi akan lebih baik susunan dalam Kompetensi Inti dipaparkan secara
lebih ringkas, singkat, padat dan jelas, agar peserta didik dapat cepat
memahami isi kompetensi isi tersebut. Karena materi aliran-aliran ini sangat
banyak sehingga siswa harus memahami satu per satu untuk itu penyusunannya
harus lebih rinci dan jeli.
D.
Analsis Relefensi Materi dengan Kebutuhan Siswa
Refelensi materi kebutuhan siswa dengan guru menurut saya guru
belum siap menghadapi kurikulum 2013,
karena kurikulum 2013 lebih menekankan praktek, dan sekolah belum siap
dengan kurikulum 2013 karena kurangnya sarana dan prasarana di sekolah
tersebut. Untuk itu guru harus menyiapkan media power point dan urgensi kepada
peserta didik saat melangsungkan materi pembelajaran tersebut.
B. ANALISI
SWOT
A.
Strenght (Kekuatan/Kelebihan)
Dalam buku ini menggunakan kurikulum
2013 dan siswa diajarkan mempunyai kepribadian diri yang aktif, kreatif,
inovatif. Jadi, siswa tidak harus selalu belajar dari guru tersebut, siswa juga
harus aktif dalam belajar dirumah dan di praktekkan disekolah dengan peserta
didik yang lain. Dan apabila siswa belum jelas dengan materi tersebut bisa
ditanyakan dan diluruskan oleh guru.
B.
Weakneses (Kelemahan/ Kekurangan)
Dalam buku ini materi yang disajikan
tidak terlalu lengkap, seperti tidak mencantumkan setiap tokoh dari aliran ilmu
kalam sendiri, tidak mencantumkan alokasi waktu, dan kompetensi intinya terlalu
rumit, sehingga guru sulit menerapkan terhadap peserta didik. Solusinya guru
harus bisa memanagemen waktu sebaik mungkin, karena materi aliran-aliran
khawarij ini sangat banyak, jadi guru harus sebisa mungkin menjelaskan secara
rinci tentang aliran-aliran tersebut.
C.
Oportunities (Peluang)
Kurikulum
2013 dikembangkan sesuai dengan Satuan pendidikan nasional, secara profesional
juga memberikan peluang pada guru-guru PAI untuk mengembangkan dan
menerapkannya pada siswa. Kurikulum 2013 harus lebih menitik beratkan beberapa
aspek diantaranya sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
yang berefungsi sebagai tuntutan kebutuhan peserta didik dari lulusan
MA(Madrasah Aliyah) tersebut.
D.
Threat (Ancaman/ Tantangan)
Dalam buku kurikulum 2013 mempunyai
banyak kekurangan, sehingga para guru lebih memilih mengacu pada buku lain dan
berpegang pada buku yang dirasa lebih lengkap, mudah dipahami daripada buku
kurikulum 2013. Jadi solusinya guru harus mempunyai buku refrensi lain, serta
pengetahuan yang didapat oleh guru tentang materi yang akan diajarkan untuk
melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada materi tersebut dan bisa di
share kepada peserta didik.
BAB IV
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa buku
siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kelas XI ini berbasis Kurikulum 2013.
Di dalam buku ini terdapat banyak kekurangan dan kelebihan yang sudah di
paparkan dalam analisis SWOT. Dan di dalam analisis komprehensif telah
dijelaskan kesesuaian antara :
1.
Analisis Deskriftif : yang didalmnya menjelaskan tentang cover buku dan
materi.
2.
Analisis Relefansi : kesesuaian materi dalam buku dengan kompetensi inti
yang di paparkan dalam buku tersebut.
3.
Analisisn Efisien dan Efektifitas : Di dalamnya dijelaskan kurangnya
efektif dalam pemaparan kompetensi inti dan beberapa kekurangan di dalam buku
tersebut.
4.
Analisis Pengembangan : di dalam kurikulum tersebut menekankan kepada
siswa tentang pengembangan diri, sikap, pengetahuan dan keterampilan.
B.
SARAN
Semoga makalah ini dapat bermanfaat
buat pembaca dan semoga dengan pergantian kurikulum ini dunia pendidikan
khususnya di Indonesia menjadi lebih baik lagi, dan mampu mencatak generasi
penerus bangsa yang cerdas secara Emosional, Intelektual dan Spiritualnya serta
berakhlakul karimah. Aamiin.
DAFTAR PUSTAKA
Usman dkk. 2015. Buku
Siswa Akidah Akhlak Kelas XI Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta :
Kementerian Agama Republik Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar