Selasa, 28 Juni 2016

MAKALAH TELAAH INDIVIDU (BIKROTUS SHAHIBAH)

MAKALAH
Telaah Materi Tauhid Akidah Ahlak Kelas X
Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah Materi PAI III (SMA/MA)
Dosen Pengampu: Bapak  Drs. Abdurrozaq Assowy, M.Ag



Disusun Oleh:

BIKROTUS SHAHIBAH     (141310003144)


 


UNIVERSITAS ISLAM NAHDHATUL ULAMA JEPARA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TH.2015/2016


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap rasa syukur alkhamdulillah atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini selesai pada waktunya. Sholawat salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi muhammad saw, keluarganya, para sahabatnya dan seluruh umat islam yang mengikuti sunahnya.
Tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang selalu mendorong  dan memberi masukan serta mendoakan, sahabat dan teman yang selalu senantiasa  mendukung penulis dalam  menyelesaikan makalah ini. Dan kepada semua pihak yang turut membantu dan mendukung dalam pembuatan makalah ini.
Penulis menyadari dalam pembuatan makalah ini banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu segala kritik dan saran demi perbaikan makalah ini sangat penulis nantikan. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca.

                                                                                    Jepara, 24 juni 2016
                                                                                    Penulis

                                                                       












TAUHID
A.    Kompetensi Dasar
1.      Menghayati dan meyakini ajaran tauhid dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menunjukkan perilaku orang yang bertauhid
3.      Mendeskripsikan pengertian tauhid dan istilah-istilah yang berkaitan.
4.      Menganalisis macam-macam tauhid (uluuhiyyah, rubuubiyah, mulkiyah, rahmaniyah, dan lain-lain)
5.      Melafalkan dua kalimah syahadat beserta pemahamannya
B.     Tujuan dan orientasi pembelajaran
     Setelah melakukan pengamatan, dan menanyakan, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi diharapkan:
1.        siswa dapat menjelaskan pengertian tauhid
2.       Siswa dapat menyebutkan macam-macam ilmu tauhid
3.       Siswa dapat menyebutkan istilah-istilah yang terkait  tauhid
4.       Siswa dapat menyebutkan dalil-dalil yang berkaitan dengan tauhid
5.       Siswa dapat menunjukkan perilaku orang yang bertauhid
C.    Materi pokok Pembelajaran
a.       Pengertian tauhid
                        pengertian tauhid secara bahasa atau lughawi merupakan isim masdar dari kata وحد-يوا حد- توحيدا yang artinya adalah mengesakan. Sedangkan secara istilah tauhid adalah keyakinan bahwa allah itu tunggal, dan tidak ada sekutu bagi-nya. Tauhid berada dalam kalimat syahadat, yaitu لا اله الالله.
                        Tauhid artinya mengesakan Allah. Berarti satu . allah tidak boleh dihitung dengan satuan, dua atau seterusnya, karena kepada-Nya tidak layak dikaitkan dengan bilangan. Beberapa ayat al-Qur’an telah dengan jelas mengatakan keesaan Allah. Di antaranya
Surat al-ikhlas sebagai berikut:
                                                katakanlah: “Dia-lah Allah yang Maha Esa adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.” (Q.S. al-ikhlas (122) : 1-4).
b.      Macam-macam tauhid
1.      Tauhid rububiyah
Artinya penciptaan, pemeliharaan, dan pengaturan.
2.      Tauhid mulkiyah
Berasal dari akar kata malaka, yang artinya memiliki.
3.      Tauhid uluhiyah
Secara bahasa artinya persembahan atau penghambaan.
4.      Tauhid rahmaniyah
Artinya kasih sayang, yaitu suatu nilai yang paling mendasar sekaligus merupakan kebutuhan paling asasi bagi kehidupan manusia.
5.      Tauhid al-asma’ wa sifat
Artinya pengesaan allah dalam nama-nama dan sifat-sifat baginya.
c.       Perilaku orang yang bertauhid
   Sesungguhnya iman dengan asma dan sifat allah sangatlah berpengaruh baik bagi perilaku individu maupun jamaah dalam muamalahnya dengan allah dan dengan makhluk.
1.    Pengaruh dalam Bermuamalah dengan Allah
2.    Pengaruhnya dalam Bermuamalah dengan Makhluk
d.      Ruang lingkup tauhid
           Pokok-pokok pembahasan yang menjadi ruang lingkup meliputi tiga hal sebagai berikut:
1.      Ma’rifat al-mabda’ yaitu mempercayai dengan penuh keyakinan tentang pencipta alam yaitu Allah swt. Hal ini sering diartikan dengan wujud mutlak atau wajibul wujud
2.      Ma’rifat al-watsiqah yaitu mempercayai dengan penuh keyakinan tentang para utusan Allah Swt. yang menjadi utusan dan perantara Allah swt dengan umat manusia untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya, tentang kitab-kitab Allah yang dibawa oleh para utusan-Nya dan tentang para malaikatnya
3.       Ma’rifat al-ma’ad yaitu mempercayai dengan penuh keyakinan akan adanya kehidupan abadi setelah mati di alam akhirat dengan segala hal ihwal yang ada di dalamnya.
e.       Hikmah dan Manfaat Bertauhid
1.      Tauhid yang kuat akan menumbuhkan sikap kesungguhan, pengharapan dan optimisme di dalam kehidupan.
2.      Orang yang bertauhid jika suatu saat dikaruniai harta, maka ia akan bersyukur.
3.       Dengan bertauhid akan mendidik akal manusia supaya berpandangan luas dan mau mengadakan penelitian tentang alam.
4.      Orang yang bertauhid akan merendahkan diri dan tidak tertipu oleh hawa nafsu yang ada pada dirinya.
5.      Dengan mentauhidkan Allah, kita akan menjauhkan diri dari angan-angan yang kosong.
6.      Dengan bertauhid yang benar, kita akan diliputi ketenangan dan pengharapan.
7.       Orang yang menjaga tauhidnya akan menjamin seseorang akan masuk surga, tempat yang penuh dengan kenikmatan
D.    Metode pembelajaran
      Metode yang digunakan metode ceramah, tanya jawan dan diskus, metode problem solving, dan metode resitasi atau pemberian tugas.
·         Metode inkuri diperlukan untuk mengidentifikasi orang yang bertauhid.
·         Metode ceramah diperlukan untuk menyampaikan materi ini mengenai pengertian dan pentingnya orang yang bertauhid.
E.     Startegi Pembelajaran
1.         Kegiatan Awal
Ø Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran mengucapkan basmalah, membaca asmaul khusna  dan kemudian berdo’a bersama sebelum pelajaran dimulai.
Ø Siswa menyiapkan diri untuk kegiatan belajar mengajar.
Ø Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Ø  Tanya jawab tentang materi pelajaran.
2.      Kegiatan inti
Ø  Tahap eksplorasi
Tanya jawab tentang materi akidah
Ø  Tahap elaborasi
Kelompok dibagi menjadi tiga bagian, dan masing-masing mendiskusikan tentang kandungan akidah
Ø  Tahap konfirmasi
Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
3.      Kegiatan akhir
Ø  Guru meminta agar para siswa maju kedepan dan membacakan secara bergiliran tentang hasil diskusi mereka dengan kelompoknya masing-masing.
Ø  Guru menyimpulkan dan melengkapi dari apa yang telah disampaikan para peserta didiknya.
Ø  Guru memberikan tugas individu
Ø  Guru mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan berdo’a bersama.
Ø  Guru mengucapkan salam sebelum keluar dari kelas.



F.     Waktu pelaksanaan pembelajara
      waktu pembelajaran adalah 90 menit. Satu setengah jam, 15 menit untuk pendahuluan, 50 menit untuk kegiatan inti, 15 menit untuk penutup.

G.    Refrensi
      refrensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan dengan pelajaran tersebut.
H.    Media pembelajaran
      media yang digunakan adalah lcd proyektor dan papan tulis.
I.       Evaluasi hasil belajar
Evaluasi hasil belajar melalui tes tertulis dan tes verbal.



















ANALISIS
A.    Materi II, Tauhid
                        Dalam materi ini guru berupaya untuk menunjukkan perilaku orang yang bertauhid, siswa diupayakan mampu menerapkan, menganalisa macam-macam tauhid dan perilaku orang yang bertauhid, dan juga siswa mampu menerapkan perilaku bertauhid dalam kehidupan sehari-hari.
B.     Telaah Kebahasaan
            Pemilihan kata yang disajikan dalam materi ini merupakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami sehingga dapat saya simpulkan bahwa pola kalimat yang ada dalam materi ini dapat di pahami secara mudah oleh siswa kelas X  MA.
            Walaupun tata bahasa yang ada dalam materi ini cukup mudah dipahami oleh siswa. Namun guru harus bisa memilih dan menggunakan tata bahasa yang akan memudahkan siswa dalam menyerap dan memahami materi yang disampaikan.


Tidak ada komentar: