MAKALAH
Telaah Materi Tauhid Akidah Ahlak Kelas X
Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah Materi PAI III (SMA/MA)
Dosen Pengampu: Bapak Drs.
Abdurrozaq Assowy, M.Ag
Disusun Oleh:
BIKROTUS SHAHIBAH (141310003144)
UNIVERSITAS ISLAM NAHDHATUL ULAMA JEPARA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TH.2015/2016
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap rasa syukur alkhamdulillah atas kehadirat Allah
SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga
penyusun dapat menyelesaikan makalah ini selesai pada waktunya. Sholawat salam
senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi muhammad saw, keluarganya,
para sahabatnya dan seluruh umat islam yang mengikuti sunahnya.
Tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua
yang selalu mendorong dan memberi
masukan serta mendoakan, sahabat dan teman yang selalu senantiasa mendukung penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Dan kepada semua
pihak yang turut membantu dan mendukung dalam pembuatan makalah ini.
Penulis menyadari dalam pembuatan makalah ini banyak kekurangan di
sana sini. Untuk itu segala kritik dan saran demi perbaikan makalah ini sangat
penulis nantikan. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca.
Jepara,
24 juni 2016
Penulis
TAUHID
A.
Kompetensi Dasar
1.
Menghayati dan meyakini ajaran tauhid dalam kehidupan
sehari-hari
2.
Menunjukkan perilaku orang yang bertauhid
3.
Mendeskripsikan pengertian tauhid dan istilah-istilah yang
berkaitan.
4.
Menganalisis macam-macam tauhid (uluuhiyyah, rubuubiyah,
mulkiyah, rahmaniyah, dan lain-lain)
5.
Melafalkan dua kalimah syahadat beserta pemahamannya
B.
Tujuan dan orientasi pembelajaran
Setelah
melakukan pengamatan, dan menanyakan, mengeksplorasi, mengasosiasi dan
mengkomunikasi diharapkan:
1.
siswa dapat menjelaskan pengertian tauhid
2.
Siswa
dapat menyebutkan macam-macam ilmu tauhid
3.
Siswa
dapat menyebutkan istilah-istilah yang terkait
tauhid
4.
Siswa
dapat menyebutkan dalil-dalil yang berkaitan dengan tauhid
5.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku orang yang bertauhid
C.
Materi pokok Pembelajaran
a.
Pengertian tauhid
pengertian
tauhid secara bahasa atau lughawi merupakan isim masdar dari kata وحد-يوا حد- توحيدا
yang artinya adalah mengesakan. Sedangkan secara istilah tauhid adalah
keyakinan bahwa allah itu tunggal, dan tidak ada sekutu bagi-nya. Tauhid berada
dalam kalimat syahadat, yaitu لا اله الالله.
Tauhid
artinya mengesakan Allah. Berarti satu . allah tidak boleh dihitung dengan
satuan, dua atau seterusnya, karena kepada-Nya tidak layak dikaitkan dengan
bilangan. Beberapa ayat al-Qur’an telah dengan jelas mengatakan keesaan Allah.
Di antaranya
Surat al-ikhlas sebagai berikut:
katakanlah:
“Dia-lah Allah yang Maha Esa adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang
setara dengan Dia.” (Q.S. al-ikhlas (122) : 1-4).
b.
Macam-macam tauhid
1.
Tauhid rububiyah
Artinya penciptaan, pemeliharaan, dan pengaturan.
2.
Tauhid mulkiyah
Berasal dari akar kata malaka, yang artinya memiliki.
3.
Tauhid uluhiyah
Secara bahasa artinya persembahan atau penghambaan.
4.
Tauhid rahmaniyah
Artinya kasih sayang, yaitu suatu nilai yang paling mendasar
sekaligus merupakan kebutuhan paling asasi bagi kehidupan manusia.
5.
Tauhid al-asma’ wa sifat
Artinya pengesaan allah dalam nama-nama dan sifat-sifat baginya.
c.
Perilaku orang yang bertauhid
Sesungguhnya
iman dengan asma dan sifat allah sangatlah berpengaruh baik bagi perilaku
individu maupun jamaah dalam muamalahnya dengan allah dan dengan makhluk.
1.
Pengaruh dalam Bermuamalah dengan Allah
2.
Pengaruhnya dalam Bermuamalah dengan Makhluk
d.
Ruang lingkup tauhid
Pokok-pokok
pembahasan yang menjadi ruang lingkup meliputi tiga hal sebagai berikut:
1.
Ma’rifat al-mabda’ yaitu mempercayai dengan penuh keyakinan tentang pencipta alam
yaitu Allah swt. Hal ini sering diartikan dengan wujud mutlak atau wajibul
wujud
2.
Ma’rifat al-watsiqah yaitu mempercayai dengan penuh keyakinan tentang para utusan
Allah Swt. yang menjadi utusan dan perantara Allah swt dengan umat manusia
untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya, tentang kitab-kitab Allah yang dibawa
oleh para utusan-Nya dan tentang para malaikatnya
3. Ma’rifat al-ma’ad yaitu mempercayai dengan penuh keyakinan akan adanya
kehidupan abadi setelah mati di alam akhirat dengan segala hal ihwal yang ada
di dalamnya.
e.
Hikmah dan Manfaat Bertauhid
1.
Tauhid yang kuat akan menumbuhkan sikap kesungguhan, pengharapan
dan optimisme di dalam kehidupan.
2.
Orang yang bertauhid jika suatu saat dikaruniai harta, maka ia
akan bersyukur.
3.
Dengan bertauhid akan
mendidik akal manusia supaya berpandangan luas dan mau mengadakan penelitian
tentang alam.
4.
Orang yang bertauhid akan merendahkan diri dan tidak tertipu
oleh hawa nafsu yang ada pada dirinya.
5.
Dengan mentauhidkan Allah, kita akan menjauhkan diri dari
angan-angan yang kosong.
6.
Dengan bertauhid yang benar, kita akan diliputi ketenangan dan
pengharapan.
7.
Orang yang menjaga
tauhidnya akan menjamin seseorang akan masuk surga, tempat yang penuh dengan
kenikmatan
D.
Metode pembelajaran
Metode yang digunakan metode ceramah, tanya jawan dan
diskus, metode problem solving, dan metode resitasi atau pemberian tugas.
·
Metode inkuri diperlukan untuk mengidentifikasi orang yang
bertauhid.
·
Metode ceramah diperlukan untuk menyampaikan materi ini mengenai
pengertian dan pentingnya orang yang bertauhid.
E.
Startegi Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Ø Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran mengucapkan
basmalah, membaca asmaul khusna dan
kemudian berdo’a bersama sebelum pelajaran dimulai.
Ø Siswa menyiapkan diri untuk kegiatan belajar mengajar.
Ø Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Ø Tanya jawab tentang materi pelajaran.
2.
Kegiatan inti
Ø Tahap eksplorasi
Tanya jawab tentang materi akidah
Ø Tahap elaborasi
Kelompok dibagi menjadi tiga bagian, dan masing-masing
mendiskusikan tentang kandungan akidah
Ø Tahap konfirmasi
Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
3.
Kegiatan akhir
Ø Guru meminta agar para siswa maju kedepan dan
membacakan secara bergiliran tentang hasil diskusi mereka dengan kelompoknya
masing-masing.
Ø Guru menyimpulkan dan melengkapi dari apa yang telah
disampaikan para peserta didiknya.
Ø Guru memberikan tugas individu
Ø Guru mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca
hamdalah dan berdo’a bersama.
Ø Guru mengucapkan salam sebelum keluar dari kelas.
F.
Waktu pelaksanaan pembelajara
waktu pembelajaran adalah 90 menit. Satu setengah
jam, 15 menit untuk pendahuluan, 50 menit untuk kegiatan inti, 15 menit untuk
penutup.
G.
Refrensi
refrensi yang
digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan dengan pelajaran
tersebut.
H.
Media pembelajaran
media yang digunakan
adalah lcd proyektor dan papan tulis.
I.
Evaluasi hasil belajar
Evaluasi hasil belajar melalui tes tertulis dan tes verbal.
ANALISIS
A.
Materi II,
Tauhid
Dalam
materi ini guru berupaya untuk menunjukkan perilaku orang yang bertauhid, siswa
diupayakan mampu menerapkan, menganalisa macam-macam tauhid dan perilaku orang
yang bertauhid, dan juga siswa mampu menerapkan perilaku bertauhid dalam
kehidupan sehari-hari.
B.
Telaah
Kebahasaan
Pemilihan kata
yang disajikan dalam materi ini merupakan kata-kata sederhana yang mudah
dipahami sehingga dapat saya simpulkan bahwa pola kalimat yang ada dalam materi
ini dapat di pahami secara mudah oleh siswa kelas X MA.
Walaupun
tata bahasa yang ada dalam materi ini cukup mudah dipahami oleh siswa. Namun
guru harus bisa memilih dan menggunakan tata bahasa yang akan memudahkan siswa
dalam menyerap dan memahami materi yang disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar