Minggu, 22 Mei 2016

KELOMPOK 5 (Aqidah Akhlak Kelas XI MA)

MAKALAH
“Telaah Materi Aqidah Akhlak Kelas XI”
Makalah Diajukan Guna memenuhi Tugas Mata Kuliah
Tela’ah Materi PAI III
Dosen Pengampu: Drs. Abdul Rozaq As-Showiy


 
disusun oleh:
Muhammad Ainur Rizal
Amanatul Khoiroh
Triya Zusnita Sari
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA (UNISNU) JEPARA 2016
Alamat: Jalan Taman Siswa No.9 Pekeng Tahunan Jepara

Kode Pos 59427,Telp./Fax (0291)593132

( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Ganjil
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2   jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


Standar kompetensi :
1.     Memahami ilmu kalam

A.    Kompetensi Dasar :
1.1.Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pengertian ilmu kalam
2.      Mendeskripsikan pengertian ilmu kalam
3.      Memahami fungsi ilmu kalam
4.      Mengetahui sejarah munculnya ilmu kalam

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
C.    Materi Ajar :
§ Pengertian dan fungsi ilmu kalam

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan

E.     Sumber Belajar :
§ Internet dan Intranet
§ Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
§ LKS Aqidah Akhlak
§ LCD
§ Dll

A.    Kompetensi Dasar :
1.2.Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pengertian ilmu kalam
2.      Mendeskripsikan masalah pokok ilmu kalam
3.      Memahami Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
4.      Mengetahui Hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
5.      Menelusuri latar belakang ilmu kalam

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
§ Menelusuri latar belakang ilmu kalam

D.     Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan

E.      Sumber Belajar :
§ Internet dan Intranet
§ Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
§ LKS Aqidah Akhlak
§ LCD
§ Dll



A.    Kompetensi Dasar :
1.3.Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah.

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam.
2.      Mendeskripsikan sikap tokoh ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah.
3.      Memahami ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
4.      Mengetahui ilmu kalam dalam mempertahankan akidah.

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
§  Penerapan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah.

D.    Metode :
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Diskusi kelompok
§  Inkuiri
§  Pengamatan
§  Penugasan

E.      Sumber Belajar :
§ Internet dan Intranet
§ Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
§ LKS Aqidah Akhlak
§ LCD
§ Dll



Standar kompetensi :
2.      Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya

A.    Kompetensi Dasar :
2.1.Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan macam-macam aliran dalam ilmu kalam.
2.      Mendeskripsikan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam.
3.      Memahami Aliran-aliran dalam ilmu kalam
4.      Menjelaskan pengertian macam-macam aliran dalam ilmu kalam
.
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Aliran-aliran dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan).

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan

E.      Sumber Belajar :
§ Internet dan Intranet
§ Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
§ LKS Aqidah Akhlak
§ LCD
§ Dll


A.    Kompetensi Dasar :
2.2.Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya.
2.      Mendeskripsikan perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya.
3.      Memahami perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
4.      Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil tentang ilmu kalam
.
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya.

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan

E.     Sumber Belajar :
§ Internet dan Intranet
§ Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
§ LKS Aqidah Akhlak
§ LCD
§ Dll


A.    Kompetensi Dasar :
2.3.Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
2.      Mendeskripsikan hikmah adanya prilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
3.      Memahami contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
4.      Menganalisis tentang contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan

E.     Sumber Belajar :
§ Internet dan Intranet
§ Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
§ LKS Aqidah Akhlak
§ LCD
§ Dll

A.    Kompetensi Dasar :
2.4.Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat.       

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam.
2.      Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan dalam aliran ilmu kalam.
3.      Memahami Bacaan  buku referensi yang berkaitan dengan dasar pemikiran dalam ilmu kalam.
4.      Menganalisis tentang Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat
5.      Menyimpulkan tentang Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat.

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan bermasyarakat.

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan


Standar kompetensi :
3.      Membiasakan perilaku terpuji

A.    Kompetensi Dasar :
3.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pengertian menutup aurat.
2.      Mendeskripsikan batas-batas aurat bagi laki-laki dan wanita.
3.      Menterjemahkan dalil tentang pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
4.      Menganalisis tentang Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
5.      Menyimpulkan tentang Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan


A.    Kompetensi Dasar :
3.2.Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pengertian bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
2.      Mendeskripsikan Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
3.      Memahami tentang Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
4.      Menganalisis tentang Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
5.      Menyimpulkan tentang Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Pengertian dan pentingnya Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan

A.    Kompetensi Dasar :
3.3.Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pengertian Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.
2.      Mendeskripsikan Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.
3.      Memahami tentang Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.
4.      Menganalisis tentang Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.
5.      Menyimpulkan tentang Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan


A.    Kompetensi Dasar :
3.4.Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pengertian prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
2.      Mendeskripsikan prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
3.      Memahami tentang prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
4.      Menganalisis tentang prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
5.      Menyimpulkan tentang prilaku orang yang berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

D.    Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan


Standar kompetensi :
4.      Menghindari perilaku tercela
A.    Kompetensi Dasar :
4.1.Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
2.      Mendeskripsikan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
3.      Menterjemahkan dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba.
4.      Menganalisis tentang dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
5.      Menyimpulkan tentang dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).

D.    Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan
·         Penugasan

A.    Kompetensi Dasar :
4.2.Mengidentifi-kasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pengertian macam-macam dosa besar.
2.      Mendeskripsikan prilaku orang yang suka mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba.
3.      Memahami Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
4.      Menganalisis tentang Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
5.      Menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).

D.    Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan
·         Penugasan


A.    Kompetensi Dasar :
4.3.Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan akibat negatif yang ditimbulkan dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
2.      Mendeskripsikan pentingnya menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
3.      Menganalisis tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
4.      Menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).

D.    Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan
·         Penugasan

A.    Kompetensi Dasar :
4.4.Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
·         Menjelaskan menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
·         Mendeskripsikan pentingnya menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
·         Menganalisis tentang hikmah dari menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
·         Menyimpulkan tentang contoh beberapa prilaku menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).

D.    Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan
·         Penugasan



Standar kompetensi :
5.      Memahami tasawuf
A.    Kompetensi Dasar :
5.1.Menjelaskan pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf.

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
A.    Menjelaskan Pengertian asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf.
B.     Mendeskripsikan Pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf.
C.    Menganalisis tentang Pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf.
D.    Menyimpulkan tentang Pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf.

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf.

D.    Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan
·         Penugasan



A.    Kompetensi Dasar :
5.2.Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern.

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pentingnya tasawuf.
2.      Mendeskripsikan karakteristik tasawuf.
3.      Menganalisis tentang hubungan tasawuf dengan akhlak.
4.      Menyimpulkan tentang Fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern.

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

C.    Materi Ajar :
Fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern.

D.    Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan
·         Penugasan

A.    Kompetensi Dasar :
5.3.Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf.

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan pentingnya tasawuf.
2.      Mendeskripsikan maqamat-maqomat dalam tasawuf.
3.      Menganalisis tentang Contoh-contoh perilaku bertasawuf
4.      Menyimpulkan tentang Contoh-contoh perilaku bertasawuf

Karakter siswa yang diharapkan :
            Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
C.    Materi Ajar :
Contoh-contoh perilaku bertasawuf.

D.    Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan
·         Penugasan


A.    Kompetensi Dasar :
5.4.Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern

B.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan Pengertian tasawuf dalam kehidupan modern.
2.      Mendeskripsikan hikmah tasawuf.
3.      Menganalisis tentang Tasawuf dalam kehidupan modern.
4.      Menyimpulkan tentang Tasawuf dalam kehidupan modern.

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
C.    Materi Ajar :
Tasawuf dalam kehidupan modern.

D.    Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan
·         Penugasan



Standar kompetensi :
6.      Membiasakan perilaku terpuji

A.  Kompetensi Dasar :
Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
B.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.      Menjelaskan Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
2.      Mendeskripsikan Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
3.      Menganalisis tentang Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
4.      Menyimpulkan tentang Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
C.  Materi Ajar :
Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.

D.    Metode :
Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuir
·         Pengamatan
·         Penugasan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
6.      Membiasakan perilaku terpuji

B.  Kompetensi Dasar :
6.2  Mengidentifik-asi perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
5.  1. Menjelaskan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
6.  2. Mendeskripsikan contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
7.  3. Menganalisis tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
8.  4. Menyimpulkan tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.

Karakter siswa yang diharapkan :
9.      Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
10.  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.

C. Metode :
11. Ceramah
12. Tanya Jawab
13. Diskusi kelompok
14. Inkuiri
15. Pengamatan
16. Penugasan
D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
17.              Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.

18.              Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
-    Guru menyebutkan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.

19.              Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
-    Memberikan salam penutup

10









65













15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
20. Internet dan Intranet
21. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
22. LKS Aqidah Akhlak
23. LCD
24. Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
Tes Tulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan?
Ø  Menyebutkan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
Tes Tulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.?

                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1     kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
6.      Membiasakan perilaku terpuji

B.  Kompetensi Dasar :
6.3  Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
25. 1. Menjelaskan akibat negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
26. 2. Mendeskripsikan contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
27. 3. Menganalisis tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
28. 4. Menyimpulkan tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

Karakter siswa yang diharapkan :
29.  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
30.  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
31. Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

C. Metode :
32. Ceramah
33. Tanya Jawab
34. Diskusi kelompok
35. Inkuiri
36. Pengamatan
37. Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
38.              Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

39.              Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Guru menyebutkan Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

40.              Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Memberikan salam penutup

10








65















15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
41. Internet dan Intranet
42. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
43. LKS Aqidah Akhlak
44. LCD
45. Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menyebutkan akibat negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
Tes Tulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan akibat negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan ?
Ø  Meneladani orang-orang yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan Cara Meneladani orang-orang yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.?


                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 2      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 4  jam pelajaran ( 4 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
6.      Membiasakan perilaku terpuji

B.  Kompetensi Dasar :
6.4  Membiasakan perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
46. 1. Menjelaskan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
47. 2. Mendeskripsikan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupa.
48. 3. Menganalisis tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
49. 4. Menyimpulkan tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

Karakter siswa yang diharapkan :
50.  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
51.  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
52. Hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

C. Metode :
53. Ceramah
54. Tanya Jawab
55. Diskusi kelompok
56. Inkuiri
57. Pengamatan
58. Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
59.              Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

60.              Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Guru menyebutkan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.

61.              Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
-    Memberikan salam penutup

10








65















15

Pemahaman Konsep










Pertemuan ke dua (ke 2 )  ( 2 x 45 Menit )
62.              Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikansalam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

63.              Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
-    Guru menyebutkan Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

64.              Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
-    Memberikan salam penutup

10







65















15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
65. Internet dan Intranet
66. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
67. LKS Aqidah Akhlak
68. LCD
69. Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menunjkkan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
Tes Tulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan ?
Ø  Membiasakan diri berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan Cara Membiasakan diri berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena.?


                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
7.      Membiasakan perilaku terpuji

B.  Kompetensi Dasar :
7.1  Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
70. 1. Menjelaskan Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
71. 2. Mendeskripsikan Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
72. 3. Menganalisis tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
73. 4. Menyimpulkan tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

Karakter siswa yang diharapkan :
74.  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
75.  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
76. Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

C. Metode :
77. Ceramah
78. Tanya Jawab
79. Diskusi kelompok
80. Inkuiri
81. Pengamatan
82. Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
83.              Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikansalam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

84.              Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Guru menyebutkan Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

85.              Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Memberikan salam penutup

10







65












15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
86. Internet dan Intranet
87. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
88. LKS Aqidah Akhlak
89. LCD
90. Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Mendeskripsikan tentang pergaulan remaja
Tes Tulis

Jawab Singkat
Ø  Jelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja ?
Ø  Menganalisis dalil naqli tentang pergaulan remaja
Tes Tulis
Uraian
Ø  Sebutkan dalil naqli tentang pergaulan remaja.?


                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
7.      Membiasakan perilaku terpuji

B.  Kompetensi Dasar :
7.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
91. 1. Menjelaskan Pengertian Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
92. 2. Mendeskripsikan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami.
93. 3. Menganalisis tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
94. 4. Menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

Karakter siswa yang diharapkan :
95.  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
96.  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
97. Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

C. Metode :
98. Ceramah
99. Tanya Jawab
100.                     Diskusi kelompok
101.                     Inkuiri
102.                     Pengamatan
103.                     Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
104.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

105.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Guru menyebutkan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.

106.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
-    Memberikan salam penutup

10








65














15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
107.                     Internet dan Intranet
108.                     Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
109.                     LKS Aqidah Akhlak
110.                     LCD
111.                     Dll

F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan tata cara pergaulan remaja
Tes Tulis

Uraian
Ø  Jelaskan tata cara pergaulan remaja?
Ø  Memberi contoh prilaku terpuji dalam pergaulan remaja
Tes Tulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh prilaku terpuji dalam pergaulan remaja ?
Ø  Membandingkan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan perbedaan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami ?

                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 2      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 4  jam pelajaran ( 4 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
7.      Membiasakan perilaku terpuji

B.  Kompetensi Dasar :
7.3  Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
112.                     1. Menjelaskan Pengertian Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
113.                     2. Mendeskripsikan akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
114.                     3. Menganalisis tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
115.                     4. Menyimpulkan tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.

Karakter siswa yang diharapkan :
116.                Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
117.                Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
118.                     Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.

C. Metode :
119.                     Ceramah
120.                     Tanya Jawab
121.                     Diskusi kelompok
122.                     Inkuiri
123.                     Pengamatan
124.                     Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
125.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.

126.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
-    Guru menyebutkan tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.

127.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
-    Memberikan salam penutup


10









65















15

Pemahaman Konsep










Pertemuan ke dua (ke 2)  ( 2 x 45 Menit )
128.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikansalam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari akibat posotif pergaulan remaja yang islami.

129.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
-    Guru menyebutkan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.

130.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
-    Memberikan salam penutup

10







65











15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
131.                     Internet dan Intranet
132.                     Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
133.                     LKS Aqidah Akhlak
134.                     LCD
135.                     Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Memberi contoh akibat pergaulan yang tidak islami
Tes Tulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh akibat pergaulan yang tidak islami?
Ø   Menunjukkan akibat posotif pergaulan remaja yang islami
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan akibat posotif pergaulan remaja yang islami?

                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
7.      Membiasakan perilaku terpuji

B.  Kompetensi Dasar :
7.4  Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
136.                     1. Menjelaskan Pengertian Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
137.                     2. Mendeskripsikan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
138.                     3. Menganalisis tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
139.                     4. Menyimpulkan tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter siswa yang diharapkan :
140.                Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
141.                Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
142.                     Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

C. Metode :
143.                     Ceramah
144.                     Tanya Jawab
145.                     Diskusi kelompok
146.                     Inkuiri
147.                     Pengamatan
148.                     Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
149.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikansalam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

150.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
-    Guru menyebutkan tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

151.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
-    Memberikan salam penutup

10








65













15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
152.                     Internet dan Intranet
153.                     Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
154.                     LKS Aqidah Akhlak
155.                     LCD
156.                     Dll

F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Meneladani orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan
Tes Tulis

Uraian
Ø  Jelaskan orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan ?
Ø  Menunjukkan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja ?

                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
8.      Menghindari perilaku tercela.

B.  Kompetensi Dasar :
8.1  Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
157.                     1. Menjelaskan Pengertian ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
158.                     2. Mendeskripsikan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
159.                     3. Menterjemahkan dalil tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
160.                     4. Menyimpulkan tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.

Karakter siswa yang diharapkan :
161.                Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
162.                Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
163.                     Pengertian ishraf,  tabdzir, dan fitnah

C. Metode :
164.                     Ceramah
165.                     Tanya Jawab
166.                     Diskusi kelompok
167.                     Inkuiri
168.                     Pengamatan
169.                     Penugasan
170.                      
D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
171.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari ishraf,  tabdzir, dan fitnah.

172.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang  ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Guru menyebutkan tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.

173.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Memberikan salam penutup

10






65










15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
174.                     Internet dan Intranet
175.                     Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
176.                     LKS Aqidah Akhlak
177.                     LCD
178.                     Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Mendeskripsikan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
Tes Tulis

Uraian
Ø  Jelaskan ishraf,  tabdzir, dan fitnah?
Ø  Menunjukkan dalil tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah
Tes Tulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan dalil tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah?
                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
8.      Menghindari perilaku tercela.

B.  Kompetensi Dasar :
8.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
179.                     1. Menjelaskan Pengertian perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
180.                     2. Mendeskripsikan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
181.                     3. Menterjemahkan dalil tentang perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
182.                     4. Menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah

Karakter siswa yang diharapkan :
183.                Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
184.                Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
185.                     Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

C. Metode :
186.                     Ceramah
187.                     Tanya Jawab
188.                     Diskusi kelompok
189.                     Inkuiri
190.                     Pengamatan
191.                     Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
192.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.

193.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Guru menyebutkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatanishraf,  tabdzir, dan fitnah.

194.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
-    Memberikan salam penutup

10







65












15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
195.                     Internet dan Intranet
196.                     Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
197.                     LKS Aqidah Akhlak
198.                     LCD
199.                     Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menyebutkan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
Tes Tulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah ?
Ø  Memberi contoh tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah
Tes Tulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh tentang ishraf,  tabdzir, dan fitnah ?

                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 2      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 4  jam pelajaran ( 4 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
8.      Menghindari perilaku tercela.

B.  Kompetensi Dasar :
8.3  Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
200.                     1. Menjelaskan Pengertian bahayanya Menyebutkan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah.
201.                     2. Mendeskripsikan Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
202.                     3. Menterjemahkan dalil tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
203.                     4. Menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

Karakter siswa yang diharapkan :
204.                Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
205.                Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
206.                     Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

C. Metode :
207.                     Ceramah
208.                     Tanya Jawab
209.                     Diskusi kelompok
210.                     Inkuiri
211.                     Pengamatan
212.                     Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
213.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

214.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru menyebutkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

215.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Memberikan salam penutup


10







65











15

Pemahaman Konsep










Pertemuan ke dua (ke 2)  ( 2 x 45 Menit )
216.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.

217.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru menyebutkan tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.

218.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Memberikan salam penutup

10








65











15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
219.                     Internet dan Intranet
220.                     Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
221.                     LKS Aqidah Akhlak
222.                     LCD
223.                     Dll

F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menunjukkan bahayanya Menyebutkan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah
Tes Tulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan bahayanya Menyebutkan katagori perbuatan ishraf,  tabdzir, dan fitnah?
Ø  Menjelaskan ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah
Tes Tulis
Jawab Singkat
Ø  Jelaskan ancaman Allah bagi pelaku ishraf,  tabdzir, dan fitnah ?


                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan         : MA ..........................      
Kelas / Semester            : XI / Genap
Mata pelajaran              : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan        : 1      kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu               : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


A.  Standar kompetensi :
8.      Menghindari perilaku tercela.

B.  Kompetensi Dasar :
8.4  Membiasakan diri untuk menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah.

C.  Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
224.                     Menjelaskan Pengertian tentang orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
225.                     Mendeskripsikan hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
226.                     Menterjemahkan dalil tentang orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
227.                     Menyimpulkan tentang Menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah.

Karakter siswa yang diharapkan :
228.                Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
229.                Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.  Materi Ajar :
230.                     Menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah.

C. Metode :
231.                     Ceramah
232.                     Tanya Jawab
233.                     Diskusi kelompok
234.                     Inkuiri
235.                     Pengamatan
236.                     Penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill
Pertemuan ke pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
237.          Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
-    Memberikan salam pembuka
-    Menanyakan kepada siswa tentang Menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Memotivasi siswa untuk mempelajari hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

238.          Kegiatan inti
Eksplorasi
-    Tanya jawab awal tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru memberikan ilustrasi tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru menyebutkan tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
Elaborasi
-    Mendiskusikan dalam kelompok tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
Konfirmasi
-    Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.

239.          Kegiatan penutup.
-    Guru mengajak siswa  untuk membuat kesimpulan tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Guru memberikan tes secara lisan tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
-    Memberikan salam penutup

10






65













15

Pemahaman Konsep











E. Sumber Belajar :
240.                     Internet dan Intranet
241.                     Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
242.                     LKS Aqidah Akhlak
243.                     LCD
244.                     Dll

F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Meneladani orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
Tes Tulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah ?
Ø  Menyebutkan hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
Tes Tulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah ?


                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,     
Kepala Madrasah                                                                 Guru Bidang Studi



______________________                                        ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

Tidak ada komentar: