MAKALAH
“Telaah Materi Aqidah Akhlak Kelas XI”
Makalah Diajukan Guna memenuhi Tugas Mata Kuliah
Tela’ah Materi PAI III
Dosen Pengampu: Drs. Abdul Rozaq As-Showiy
disusun oleh:
Muhammad Ainur Rizal
Amanatul Khoiroh
Triya Zusnita Sari
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA (UNISNU) JEPARA 2016
Alamat: Jalan Taman Siswa No.9 Pekeng Tahunan Jepara
Kode
Pos 59427,Telp./Fax (0291)593132
( R P P )
Status Pendidikan : MA ..........................
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Mata pelajaran : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan : 1
kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
Standar kompetensi :
1. Memahami ilmu kalam
A. Kompetensi Dasar :
1.1.Menjelaskan
pengertian dan fungsi ilmu kalam
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.
Menjelaskan pengertian ilmu kalam
2.
Mendeskripsikan pengertian ilmu kalam
3.
Memahami fungsi ilmu kalam
4.
Mengetahui sejarah munculnya ilmu kalam
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
§
Pengertian dan fungsi
ilmu kalam
D.
Metode :
§
Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan
E.
Sumber Belajar :
§
Internet dan Intranet
§
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
§
LKS Aqidah Akhlak
§
LCD
§
Dll
A. Kompetensi Dasar :
1.2.Menjelaskan
hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian ilmu kalam
2. Mendeskripsikan masalah pokok ilmu kalam
3. Memahami Hubungan ilmu kalam dengan ilmu
lainnya.
4. Mengetahui Hubungan ilmu kalam dengan ilmu
lainnya.
5. Menelusuri latar belakang ilmu kalam
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
§
Menelusuri latar
belakang ilmu kalam
D.
Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
§ Penugasan
E.
Sumber Belajar
:
§
Internet dan Intranet
§
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
§
LKS Aqidah Akhlak
§
LCD
§
Dll
A. Kompetensi Dasar :
1.3.Menerapkan ilmu
kalam dalam mempertahankan akidah.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan tokoh-tokoh dalam ilmu kalam.
2. Mendeskripsikan sikap tokoh ilmu kalam
dalam mempertahankan aqidah.
3. Memahami ilmu kalam dalam mempertahankan
akidah
4. Mengetahui ilmu kalam dalam mempertahankan
akidah.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
C. Materi Ajar :
§
Penerapan ilmu kalam
dalam mempertahankan akidah.
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
E.
Sumber Belajar
:
§
Internet dan Intranet
§
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
§
LKS Aqidah Akhlak
§
LCD
§
Dll
Standar kompetensi :
2. Memahami
aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
A. Kompetensi Dasar :
2.1.Menjelaskan
aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij,
Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah,
dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan macam-macam aliran dalam ilmu
kalam.
2. Mendeskripsikan tokoh-tokoh dalam ilmu
kalam.
3. Memahami Aliran-aliran dalam ilmu kalam
4. Menjelaskan pengertian macam-macam aliran
dalam ilmu kalam
.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Aliran-aliran dalam ilmu kalam, tokoh-tokoh
dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah,
Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi
transformatif dan teologi pembebasan).
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
E.
Sumber Belajar
:
§
Internet dan Intranet
§
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
§
LKS Aqidah Akhlak
§
LCD
§
Dll
A. Kompetensi Dasar :
2.2.Menganalisis
perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan perbedaan antara aliran ilmu
kalam yang satu dengan lainnya.
2. Mendeskripsikan perbedaan antara aliran
ilmu kalam yang satu dengan lainnya.
3. Memahami perbedaan antara aliran ilmu kalam
yang satu dengan lainnya
4. Membaca, menulis dan menterjemahkan dalil
tentang ilmu kalam
.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Perbedaan antara aliran ilmu kalam yang
satu dengan lainnya.
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
E.
Sumber Belajar :
§
Internet dan Intranet
§
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
§
LKS Aqidah Akhlak
§
LCD
§
Dll
A. Kompetensi Dasar :
2.3.Menunjukkan
contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan perilaku orang yang beraliran
tertentu dalam ilmu kalam.
2. Mendeskripsikan hikmah adanya prilaku orang
yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
3. Memahami contoh-contoh perilaku orang yang
beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
4. Menganalisis tentang contoh-contoh perilaku
orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Contoh-contoh perilaku orang yang beraliran
tertentu dalam ilmu kalam.
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
E.
Sumber Belajar :
§
Internet dan Intranet
§
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
§
LKS Aqidah Akhlak
§
LCD
§
Dll
A. Kompetensi Dasar :
2.4.Menghargai
terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan persamaan dan perbedaan dalam
aliran ilmu kalam.
2. Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
dalam aliran ilmu kalam.
3. Memahami Bacaan buku referensi yang berkaitan dengan dasar
pemikiran dalam ilmu kalam.
4. Menganalisis tentang Perbedaan-perbedaan
aliran dalam kehidupan bermasyarakat
5. Menyimpulkan tentang Perbedaan-perbedaan
aliran dalam kehidupan bermasyarakat.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Perbedaan-perbedaan aliran dalam kehidupan
bermasyarakat.
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
Standar kompetensi :
3. Membiasakan
perilaku terpuji
A. Kompetensi Dasar :
3.1.Menjelaskan
pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian menutup aurat.
2. Mendeskripsikan batas-batas aurat bagi
laki-laki dan wanita.
3. Menterjemahkan dalil tentang pentingnya
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
4. Menganalisis tentang Pengertian dan
pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
5. Menyimpulkan tentang Pengertian dan
pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Pengertian dan pentingnya akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
A. Kompetensi Dasar :
3.2.Mengidentifikasi
bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
2. Mendeskripsikan Bentuk akhlak berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
3. Memahami tentang Bentuk akhlak berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
4. Menganalisis tentang Bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
5. Menyimpulkan tentang Bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Pengertian dan pentingnya Bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
A. Kompetensi Dasar :
3.3.Menunjukkan
nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu dalam fenomena kehidupan
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian Nilai-nilai positif
dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam
fenomena kehidupan.
2. Mendeskripsikan Nilai-nilai positif dari
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam
fenomena kehidupan.
3. Memahami tentang Nilai-nilai positif dari
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam
fenomena kehidupan.
4. Menganalisis tentang Nilai-nilai positif
dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam
fenomena kehidupan.
5. Menyimpulkan tentang Nilai-nilai positif
dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam
fenomena kehidupan.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
A. Kompetensi Dasar :
3.4.Membiasakan
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian prilaku orang yang
berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
2. Mendeskripsikan prilaku orang yang
berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
3. Memahami tentang prilaku orang yang
berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
4. Menganalisis tentang prilaku orang yang
berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
5. Menyimpulkan tentang prilaku orang yang
berprilaku akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Akhlak berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu dan menerima tamu.
D.
Metode :
§
Ceramah
§
Tanya Jawab
§
Diskusi kelompok
§
Inkuiri
§
Pengamatan
§
Penugasan
Standar kompetensi :
4. Menghindari
perilaku tercela
A. Kompetensi Dasar :
4.1.Menjelaskan
pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba)
B.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.
Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina,
mencuri, mengkonsumsi narkoba).
2.
Mendeskripsikan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba).
3.
Menterjemahkan dalil tentang mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba.
4.
Menganalisis tentang dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba).
5.
Menyimpulkan tentang dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba).
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Pengertian dosa besar (mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
D.
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
A.
Kompetensi Dasar :
4.2.Mengidentifi-kasi
bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba)
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian macam-macam dosa
besar.
2. Mendeskripsikan prilaku orang yang suka
mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba.
3. Memahami Bentuk dan contoh-contoh dosa
besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
4. Menganalisis tentang Bentuk dan
contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba).
5. Menyimpulkan tentang Bentuk dan
contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba).
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Bentuk dan contoh-contoh dosa besar
(mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
D.
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
A. Kompetensi Dasar :
4.3.Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina,
mencuri, mengkonsumsi narkoba)
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan akibat negatif yang ditimbulkan
dari melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba).
2. Mendeskripsikan pentingnya menghindari dosa
besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
3. Menganalisis tentang Nilai-nilai negatif
akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba).
4. Menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif
akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba).
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa
besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
D.
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
A. Kompetensi Dasar :
4.4.Membiasakan diri untuk menghindari
perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba)
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
·
Menjelaskan menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi,
zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
·
Mendeskripsikan pentingnya menghindari perilaku dosa besar
(mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
·
Menganalisis tentang hikmah dari menghindari dosa besar (mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
·
Menyimpulkan tentang contoh beberapa prilaku menghindari dosa besar
(mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Menghindari perilaku dosa besar
(mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba).
D.
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
Standar kompetensi :
5. Memahami tasawuf
A. Kompetensi Dasar :
5.1.Menjelaskan
pengertian, asal usul dan istilah-istilah dalam tasawuf.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
A. Menjelaskan Pengertian asal usul dan
istilah-istilah dalam tasawuf.
B. Mendeskripsikan Pengertian, asal usul dan
istilah-istilah dalam tasawuf.
C. Menganalisis tentang Pengertian, asal usul
dan istilah-istilah dalam tasawuf.
D. Menyimpulkan tentang Pengertian, asal usul
dan istilah-istilah dalam tasawuf.
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
C. Materi Ajar :
Pengertian, asal usul dan istilah-istilah
dalam tasawuf.
D.
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
A. Kompetensi Dasar :
5.2.Menjelaskan
fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pentingnya tasawuf.
2. Mendeskripsikan karakteristik tasawuf.
3. Menganalisis tentang hubungan tasawuf
dengan akhlak.
4. Menyimpulkan tentang Fungsi dan peranan
tasawuf dalam kehidupan modern.
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan
modern.
D.
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
A. Kompetensi Dasar :
5.3.Menunjukkan
contoh-contoh perilaku bertasawuf.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pentingnya tasawuf.
2. Mendeskripsikan maqamat-maqomat dalam
tasawuf.
3. Menganalisis tentang Contoh-contoh perilaku
bertasawuf
4. Menyimpulkan tentang Contoh-contoh perilaku
bertasawuf
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta
ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Contoh-contoh perilaku bertasawuf.
D.
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
A. Kompetensi Dasar :
5.4.Menerapkan
tasawuf dalam kehidupan modern
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.
Menjelaskan Pengertian tasawuf dalam kehidupan modern.
2.
Mendeskripsikan hikmah tasawuf.
3.
Menganalisis tentang Tasawuf dalam kehidupan modern.
4.
Menyimpulkan tentang Tasawuf dalam kehidupan modern.
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Tasawuf dalam kehidupan modern.
D.
Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
Standar kompetensi :
6. Membiasakan
perilaku terpuji
A. Kompetensi Dasar :
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
B. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.
Menjelaskan Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan.
2.
Mendeskripsikan Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan.
3.
Menganalisis tentang Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan.
4.
Menyimpulkan tentang Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan.
Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
C. Materi Ajar :
Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan.
D.
Metode :
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuir
·
Pengamatan
·
Penugasan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
6. Membiasakan perilaku
terpuji
B. Kompetensi Dasar :
6.2 Mengidentifik-asi perilaku orang yang berbuat
adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
5. 1. Menjelaskan tokoh-tokoh yang berprilaku adil,
ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
6. 2. Mendeskripsikan contoh perilaku orang yang berbuat
adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
7. 3. Menganalisis tentang Perilaku orang yang berbuat
adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
8. 4. Menyimpulkan tentang Perilaku orang yang berbuat
adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
Karakter siswa yang
diharapkan :
9.
Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
10. Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
D. Materi Ajar :
Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan.
C. Metode :
11. Ceramah
12. Tanya Jawab
13. Diskusi kelompok
14. Inkuiri
15. Pengamatan
16. Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
17.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan.
- Memotivasi siswa untuk mempelajari Perilaku orang yang berbuat
adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
18.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang Perilaku orang yang
berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan.
- Guru
menyebutkan tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan
dan kerukunan.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan.
19.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan Perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan
dan kerukunan.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang Perilaku orang yang berbuat adil, ridha,
amal shaleh, persatuan dan kerukunan.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
20. Internet dan Intranet
21. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
22. LKS Aqidah Akhlak
23. LCD
24. Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menjelaskan contoh
perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Sebutkan contoh
perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan?
|
Ø Menyebutkan
tokoh-tokoh yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Sebutkan tokoh-tokoh
yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan.?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
6. Membiasakan perilaku
terpuji
B. Kompetensi Dasar :
6.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, ridha,
amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
25. 1. Menjelaskan akibat negatif ditinggalkanya sikap
adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
26. 2. Mendeskripsikan contoh perilaku orang yang berbuat
adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
27. 3. Menganalisis tentang Nilai-nilai positif dari adil,
ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
28. 4. Menyimpulkan tentang Nilai-nilai positif dari adil,
ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan :
29. Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
30. Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
D. Materi Ajar :
31. Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
C. Metode :
32. Ceramah
33. Tanya Jawab
34. Diskusi kelompok
35. Inkuiri
36. Pengamatan
37. Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
38.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
- Memotivasi siswa untuk mempelajari Nilai-nilai positif dari
adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
39.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam
fenomena kehidupan.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
- Guru
menyebutkan Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Nilai-nilai positif dari adil,
ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan dalam fenomena kehidupan.
40.
Kegiatan penutup.
- Guru mengajak
siswa untuk membuat kesimpulan
Nilai-nilai positif dari adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
dalam fenomena kehidupan.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang Nilai-nilai positif dari adil, ridha,
amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
41. Internet dan Intranet
42. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
43. LKS Aqidah Akhlak
44. LCD
45. Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø
Menyebutkan akibat
negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan dalam fenomena kehidupan
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø
Sebutkan akibat
negatif ditinggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan dalam fenomena kehidupan ?
|
Ø
Meneladani
orang-orang yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
dalam fenomena kehidupan
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø
Jelaskan Cara
Meneladani orang-orang yang berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan
dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 2 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran ( 4 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
6. Membiasakan perilaku
terpuji
B. Kompetensi Dasar :
6.4 Membiasakan perilaku adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
46. 1. Menjelaskan hikmah berprilaku adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
47. 2. Mendeskripsikan hikmah berprilaku adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupa.
48. 3. Menganalisis tentang hikmah berprilaku adil, ridha,
amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
49. 4. Menyimpulkan tentang hikmah berprilaku adil, ridha,
amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan :
50. Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
51. Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
D. Materi Ajar :
52. Hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan
dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
C. Metode :
53. Ceramah
54. Tanya Jawab
55. Diskusi kelompok
56. Inkuiri
57. Pengamatan
58. Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
59.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan
dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari hikmah berprilaku adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
60.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang hikmah berprilaku adil, ridha,
amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
- Guru
menyebutkan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang hikmah berprilaku adil,
ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
dalam fenomena kehidupan.
61.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan hikmah berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan dalam fenomena kehidupan.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang hikmah berprilaku adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
Pertemuan ke dua (ke
2 ) ( 2 x 45 Menit )
62.
Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
- Memberikansalam
pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari Perilaku adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
63.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang Perilaku adil,
ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan
ilustrasi tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru
menyebutkan Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam
kehidupan sehari-hari.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam
kehidupan sehari-hari.
64.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan Perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam
kehidupan sehari-hari.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang Perilaku adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
65. Internet dan Intranet
66. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
67. LKS Aqidah Akhlak
68. LCD
69. Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menunjkkan hikmah
berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena
kehidupan
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Sebutkan hikmah
berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena
kehidupan ?
|
Ø Membiasakan diri
berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena
kehidupan
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø Jelaskan Cara
Membiasakan diri berprilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
dalam fenomena.?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
7. Membiasakan perilaku
terpuji
B. Kompetensi Dasar :
7.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
70. 1. Menjelaskan Pengertian dan pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja.
71. 2. Mendeskripsikan Pengertian dan pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja.
72. 3. Menganalisis tentang Pengertian dan pentingnya
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
73. 4. Menyimpulkan tentang Pengertian dan pentingnya
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Karakter siswa yang
diharapkan :
74. Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
75. Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
D. Materi Ajar :
76. Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja.
C. Metode :
77. Ceramah
78. Tanya Jawab
79. Diskusi kelompok
80. Inkuiri
81. Pengamatan
82. Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
83.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikansalam
pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
84.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang Pengertian dan
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja.
- Guru
menyebutkan Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
85.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang Pengertian dan pentingnya akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
86. Internet dan Intranet
87. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
88. LKS Aqidah Akhlak
89. LCD
90. Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Mendeskripsikan
tentang pergaulan remaja
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Jelaskan pengertian
dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja ?
|
Ø Menganalisis dalil
naqli tentang pergaulan remaja
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø Sebutkan dalil naqli
tentang pergaulan remaja.?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
7. Membiasakan perilaku
terpuji
B. Kompetensi Dasar :
7.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
91. 1. Menjelaskan Pengertian Bentuk dan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
92. 2. Mendeskripsikan pergaulam islami dan pergaulan yang
tidak islami.
93. 3. Menganalisis tentang Bentuk dan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
94. 4. Menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Karakter siswa yang
diharapkan :
95. Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri,
ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
96. Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu
mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
D. Materi Ajar :
97. Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja.
C. Metode :
98. Ceramah
99. Tanya Jawab
100.
Diskusi kelompok
101.
Inkuiri
102.
Pengamatan
103.
Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
104.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari Bentuk dan contoh-contoh perilaku
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
105.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya jawab
awal tentang Bentuk dan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja.
- Guru
menyebutkan pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Bentuk dan
contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
106.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang Bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
107.
Internet dan Intranet
108.
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
109.
LKS Aqidah Akhlak
110.
LCD
111.
Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menjelaskan tata cara
pergaulan remaja
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø Jelaskan tata cara
pergaulan remaja?
|
Ø Memberi contoh
prilaku terpuji dalam pergaulan remaja
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Sebutkan contoh
prilaku terpuji dalam pergaulan remaja ?
|
Ø Membandingkan
pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø Jelaskan perbedaan
pergaulam islami dan pergaulan yang tidak islami ?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 2 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran ( 4 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
7. Membiasakan perilaku
terpuji
B. Kompetensi Dasar :
7.3 Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan
remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
112.
1. Menjelaskan
Pengertian Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai
dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
113.
2. Mendeskripsikan
akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
114.
3. Menganalisis tentang
Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak
Islam dalam fenomena kehidupan.
115.
4. Menyimpulkan tentang
Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak
Islam dalam fenomena kehidupan.
Karakter siswa yang
diharapkan :
116.
Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
117.
Percaya diri,
berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri,
mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D. Materi Ajar :
118.
Nilai negatif akibat
perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena
kehidupan.
C. Metode :
119.
Ceramah
120.
Tanya Jawab
121.
Diskusi kelompok
122.
Inkuiri
123.
Pengamatan
124.
Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
125.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang
tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang
tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
126.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang Nilai negatif
akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam
fenomena kehidupan.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja
yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
- Guru
menyebutkan tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang Nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang
tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Nilai negatif akibat
perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam
fenomena kehidupan.
127.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang
islami.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
Pertemuan ke dua (ke
2) ( 2 x 45 Menit )
128.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikansalam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
129.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang akibat posotif
pergaulan remaja yang islami.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
- Guru
menyebutkan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang akibat posotif pergaulan
remaja yang islami.
130.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang islami.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang akibat posotif pergaulan remaja yang
islami.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
131.
Internet dan Intranet
132.
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
133.
LKS Aqidah Akhlak
134.
LCD
135.
Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Memberi contoh akibat
pergaulan yang tidak islami
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Sebutkan contoh
akibat pergaulan yang tidak islami?
|
Ø Menunjukkan akibat posotif pergaulan remaja
yang islami
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø Jelaskan akibat
posotif pergaulan remaja yang islami?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
7. Membiasakan perilaku
terpuji
B. Kompetensi Dasar :
7.4 Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja dalam kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
136.
1. Menjelaskan
Pengertian Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
137.
2. Mendeskripsikan
hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
138.
3. Menganalisis tentang
Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
139.
4. Menyimpulkan tentang
Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
Karakter siswa yang
diharapkan :
140.
Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
141.
Percaya diri,
berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri,
mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D. Materi Ajar :
142.
Akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
C. Metode :
143.
Ceramah
144.
Tanya Jawab
145.
Diskusi kelompok
146.
Inkuiri
147.
Pengamatan
148.
Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
149.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikansalam
pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan
sehari-hari.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam
kehidupan sehari-hari.
150.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang Akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam
kehidupan sehari-hari.
- Guru
menyebutkan tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan
sehari-hari.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan
sehari-hari.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
151.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan
sehari-hari.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
dalam kehidupan sehari-hari.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
152.
Internet dan Intranet
153.
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
154.
LKS Aqidah Akhlak
155.
LCD
156.
Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Meneladani orang yang
memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø Jelaskan orang yang
memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan ?
|
Ø Menunjukkan hikmah
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø Jelaskan hikmah
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja ?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
8. Menghindari perilaku
tercela.
B. Kompetensi Dasar :
8.1 Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
dalam kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
157.
1. Menjelaskan
Pengertian ishraf, tabdzir, dan fitnah.
158.
2. Mendeskripsikan
ishraf, tabdzir, dan fitnah.
159.
3. Menterjemahkan dalil
tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah.
160.
4. Menyimpulkan tentang
ishraf, tabdzir, dan fitnah.
Karakter siswa yang
diharapkan :
161.
Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
162.
Percaya diri,
berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri,
mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D. Materi Ajar :
163.
Pengertian ishraf, tabdzir, dan fitnah
C. Metode :
164.
Ceramah
165.
Tanya Jawab
166.
Diskusi kelompok
167.
Inkuiri
168.
Pengamatan
169.
Penugasan
170.
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
171.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang ishraf, tabdzir,
dan fitnah.
- Memotivasi siswa untuk mempelajari ishraf, tabdzir, dan fitnah.
172.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang ishraf,
tabdzir, dan fitnah.
- Guru
menyebutkan tentang ishraf, tabdzir,
dan fitnah.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang ishraf,
tabdzir, dan fitnah.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah.
173.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang ishraf, tabdzir,
dan fitnah.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang ishraf,
tabdzir, dan fitnah.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
174.
Internet dan Intranet
175.
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
176.
LKS Aqidah Akhlak
177.
LCD
178.
Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Mendeskripsikan
ishraf, tabdzir, dan fitnah
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø Jelaskan ishraf, tabdzir, dan fitnah?
|
Ø Menunjukkan dalil
tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Sebutkan dalil
tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
8. Menghindari perilaku
tercela.
B. Kompetensi Dasar :
8.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh
perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
179.
1. Menjelaskan
Pengertian perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
180.
2. Mendeskripsikan
katagori perbuatan ishraf, tabdzir, dan
fitnah.
181.
3. Menterjemahkan dalil
tentang perbuatan ishraf, tabdzir, dan
fitnah.
182.
4. Menyimpulkan tentang
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
Karakter siswa yang
diharapkan :
183.
Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
184.
Percaya diri,
berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri,
mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D. Materi Ajar :
185.
Bentuk dan
contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
C. Metode :
186.
Ceramah
187.
Tanya Jawab
188.
Diskusi kelompok
189.
Inkuiri
190.
Pengamatan
191.
Penugasan
D. Langkah-langkah pembelajaran
:
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
192.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari Bentuk dan contoh-contoh perbuatan
ishraf, tabdzir, dan fitnah.
193.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf,
tabdzir, dan fitnah.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah.
- Guru
menyebutkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatanishraf, tabdzir, dan fitnah.
194.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan
ishraf, tabdzir, dan fitnah.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
195.
Internet dan Intranet
196.
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
197.
LKS Aqidah Akhlak
198.
LCD
199.
Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø
Menyebutkan katagori
perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø
Sebutkan katagori
perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah
?
|
Ø
Memberi contoh
tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø
Sebutkan contoh
tentang ishraf, tabdzir, dan fitnah ?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 2 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran ( 4 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
8. Menghindari perilaku
tercela.
B. Kompetensi Dasar :
8.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan
ishraf, tabdzir dan fitnah.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
200.
1. Menjelaskan
Pengertian bahayanya Menyebutkan katagori perbuatan ishraf, tabdzir, dan fitnah.
201.
2. Mendeskripsikan
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
202.
3. Menterjemahkan dalil
tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
203.
4. Menyimpulkan tentang
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
Karakter siswa yang
diharapkan :
204.
Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
205.
Percaya diri,
berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri,
mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D. Materi Ajar :
206.
Nilai-nilai negatif
akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
C. Metode :
207.
Ceramah
208.
Tanya Jawab
209.
Diskusi kelompok
210.
Inkuiri
211.
Pengamatan
212.
Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
213.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
- Memotivasi
siswa untuk mempelajari Nilai-nilai negatif akibat perbuatan
ishraf, tabdzir dan fitnah.
214.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf,
tabdzir dan fitnah.
- Guru
menyebutkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir
dan fitnah.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif
akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
215.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan
ishraf, tabdzir dan fitnah.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
Pertemuan ke dua (ke
2) ( 2 x 45 Menit )
216.
Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
- Memotivasi siswa untuk mempelajari tentang ancaman Allah bagi
pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
217.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
- Guru memberikan
ilustrasi tentang ancaman Allah bagi
pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
- Guru
menyebutkan tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
218.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
- Guru memberikan
tes secara lisan tentang ancaman Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan
fitnah.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
219.
Internet dan Intranet
220.
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
221.
LKS Aqidah Akhlak
222.
LCD
223.
Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø
Menunjukkan bahayanya
Menyebutkan katagori perbuatan ishraf,
tabdzir, dan fitnah
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø
Sebutkan bahayanya Menyebutkan
katagori perbuatan ishraf, tabdzir,
dan fitnah?
|
Ø
Menjelaskan ancaman
Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir dan fitnah
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø
Jelaskan ancaman
Allah bagi pelaku ishraf, tabdzir, dan
fitnah ?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan
: MA ..........................
Kelas / Semester
: XI / Genap
Mata pelajaran
: Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (2 x 45 menit)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A. Standar kompetensi :
8. Menghindari perilaku
tercela.
B. Kompetensi Dasar :
8.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku
ishraf, tabdzir dan fitnah.
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
224.
Menjelaskan Pengertian
tentang orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
225.
Mendeskripsikan hikamah
dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
226.
Menterjemahkan dalil
tentang orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
227.
Menyimpulkan tentang
Menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
Karakter siswa yang
diharapkan :
228.
Cinta ilmu, gemar membaca,
kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
229.
Percaya diri,
berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri,
mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D. Materi Ajar :
230.
Menghindari perilaku
ishraf, tabdzir dan fitnah.
C. Metode :
231.
Ceramah
232.
Tanya Jawab
233.
Diskusi kelompok
234.
Inkuiri
235.
Pengamatan
236.
Penugasan
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill
|
Pertemuan ke pertama
(ke 1) ( 2 x 45 Menit )
237.
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Memberikan
salam pembuka
- Menanyakan
kepada siswa tentang Menghindari perilaku ishraf, tabdzir dan fitnah.
- Memotivasi siswa untuk mempelajari hikamah dari menghindari
perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
238.
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Tanya
jawab awal tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
- Guru
memberikan ilustrasi tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf,
tabdzir dan fitnah.
- Guru
menyebutkan tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
Elaborasi
- Mendiskusikan
dalam kelompok tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
Konfirmasi
- Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang hikamah dari
menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah.
239.
Kegiatan penutup.
- Guru
mengajak siswa untuk membuat
kesimpulan tentang hikamah dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan
fitnah.
- Guru
memberikan tes secara lisan tentang hikamah dari menghindari perbuatan
ishraf, tabdzir dan fitnah.
- Memberikan
salam penutup
|
10
65
15
|
Pemahaman
Konsep
|
E. Sumber Belajar :
240.
Internet dan Intranet
241.
Buku paket Aqidah
Akhlak yang relevan
242.
LKS Aqidah Akhlak
243.
LCD
244.
Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Meneladani
orang-orang yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø
Sebutkan orang-orang
yang menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah ?
|
Ø Menyebutkan hikamah
dari menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø
Sebutkan hikamah dari
menghindari perbuatan ishraf, tabdzir dan fitnah ?
|
...............,
................ 20.....
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
______________________ ______________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar